oleh

Ditunjuk Sepihak, Sejumlah Warga Menolak Jadi LO Umar-Madeng

-Politik-2.868 views
Banner Ucapan Selamat

BONEPOS.COM, BONE – Sejumlah Warga di beberapa Kecamatan di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, menolak untuk dijadikan tenaga Liaison officer (LO) verifikasi faktual pendukung, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bone dari jalur perseorangan dr. Rizalul Umar-Andi Mappamadeng Dewang (Umar-Madeng).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bonepos.com, Selasa, 13 Februari 2018, penolakan ini dilakukan warga lantaran mereka keberatan telah di ditunjuk dan tugaskan secara sepihak oleh oknum Tim Sukses pasangan tersebut.

BNNK BONE

Seperti di Desa Tebba, Kecamatan Salomekko, dimana Baharuddin, 37 tahun, salah seorang warga yang di berikan mandat untuk menjadi LO tim Umar-Madeng, mengaku kaget, lantaran dirinya tidak pernah merasa menjadi bagian dari tim pasangan tersebut.

BACA JUGA: KPU Resmi Tetapkan Satu Pasangan Calon di Pilkada Bone

Hal serupa juga dialami oleh Amrullah, 41 tahun, dimana dia menolak untuk menjadi tim LO pasangan Umar-Madeng lantaran dirinya juga tidak pernah menyatakan sikap apalagi bersedia untuk menjadi perpanjangan tangan untuk mengumpulkan pendukung Umar-Madeng untuk di verifikasi faktual.

Tidak hanya di Salomekko, hal ini juga terjadi di Kecamatan Lamuru dan Cenrana dan Barebbo, khususnya di Desa Bacu dan Lompoko, warga yang ditunjuk sebagai LO oleh pasangan tersebut merasa keberatan atas adanya SK yang menunjuk dirinya sebagai LO, sehingga mereka mundur dan menolak SK tersebut.

“Iye saya keberatan kenapa tiba-tiba saya ditunjuk jadi LO, saya saja tidak pernah diberitahukan,” ungkap Kahar, salah seorang warga yang ditunjuk jadi LO pasangan Umar-Madeng, saat dihubungi Bonepos.com, Selasa malam.

Sementara itu, berdasarkan pantauan, sekira pukul, 10.00 WITA, di rumah pemenangan pasangan Umar-Madeng yang terletak di Jalan Sungai Limboto, sedang berlangsung proses verifikasi faktual pendukung, yang dilakukan oleh petugas PPPK setempat, dimana proses verifikasi tersebut dihadiri oleh sejumlah warga.

Seperti yang diketahui, pihak KPU bersama PPK tengah melakukan proses verifikasi faktual dukungan tambahan pasangan Umar-Madeng. Sedikitnya ada 37.263 dukungan yang harus diverifikasi faktual. Proses verifikasi sendiri berlangsung selama 8 hari, yakni mulai tanggal 11 hingga 17 Februari mendatang.

Selanjutnya, pada tanggal 18 Februari, petugas PPK akan melakukan rekapitulasi hasil verifikasi faktual untuk tingkat Kecamatan, kemudian akan dilakukan rekapitulasi tingkat Kabupaten, akan diadakan pada tanggal 19 Februari.

Jika memenuhi syarat dalam proses verifikasi faktual maka, pasangan tersebut akan ditetapkan dari bakal calon menjadi calon bupati dan wakil bupati Bone pada 20 Februari mendatang, namun jika tidak maka, pasangan calon bupati dan wakil bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi dan Ambo Dalle (Tafadal) akan melawan kotak kosong di Pilkada Bone

Penulis : Jumardi Ramling

Banner Ucapan

Komentar

News Feed