oleh

NH Siap Tata Perumahan di Pesisir Makassar

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Calon Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid melakukan kunjungan silaturahmi bersama warga di Dermaga Cambaya, Kelurahan Cambaya, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Rabu 14 Maret 2018 siang. Sebelum tiba di lokasi silaturahmi, NH menyusuri jalan dan gang sempit di sekitar dermaga.

Dalam perjalanan itulah, NH melihat kondisi pemukiman warga yang sebagian besar berprofesi nelayan. Daerah Cambaya memang merupakan wilayah pesisir di Makassar.

BNNK BONE

Kunjungan NH ke perkampungan nelayan itu merupakan kedatangan pertama kalinya. Bahkan, sejak ia menetap di Makassar pada tahun 1976 untuk melanjutkan pendidikan di IKIP Ujungpandang saat itu. Sehingga, ia begitu antusias menyusuri gang demi gang untuk menyapa warga.

Pasangan Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar ini pun merasa prihatin atas kondisi pemukiman warga. Selama blusukannya ke gang dan lorong sempit di daerah tersebut, ia mendapati rumah warga yang kebanyakan kurang layak huni.

“Saya terus terang terharu bahwa masyarakat di Makassar masih perlu perhatian khusus. Kita lewati gang sempit, rumah penduduk tampak menyedihkan. Di dalam kamarnya, perputaran udara tidak ada,” bebernya.

Melihat kondisi tersebut, Ketua Dewan Koperasi Indonesia ini pun berkomitmen untuk menata perumahan di wilayah pesisir Makassar ini. Stigma pemukiman kumuh kerap berada di daerah pantai, kata NH, harus ditepis.

“Perkampungan masyarakat Cambaya akan ditata menjadi perumahan yang layak. Di samping tidak boleh menggusur. Tidak boleh hanya alasan perbaikan, kemudian dipindahkan. Karena sudah turun-temurun di suatu tempat, jadi memperbaiki rumahnya tanpa harus dipindahkan,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, salah satu tokoh agama Cambaya, Faisal Samaila merasa optimistis NH mampu mewujudkan gagasan tersebut. Faisal menilai, program tersebut mampu menyulap perkampungan kumuh menjadi destinasi wisata kampung nelayan.

“Pak Nurdin Halid kan sudah lama berkiprah di tingkat nasional. Dengan jaringan luas yang dimiliki, insya Allah itu bukan persoalan sulit baginya,” tuturnya.

Komentar

News Feed