oleh

Daftar Pemilih Sementara di Pilkada Bone Berkurang

-Politik-1.457 views

BONEPOS.COM, BONE – Jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Pilkada Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan 2018 lebih sedikit dibandingkan jumlah pemilih dan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Presiden 2014 lalu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone menetapkan DPS Pilkada Bone 2018 sebanyak 533.775 jiwa, pada pleno DPS yang berlangsung di Kantor KPU Bone, Kamis, 15 Maret 2018. Jumlah DPS pada Pilkada Bone tahun 2018 ini, berkurang, dimana jumlah DPT Pilpres 2014 lalu mencapai 559.723 jiwa.

BNNK BONE

Ketua KPU Bone Aksi Hamzah mengatakan, bahwa terjadinya penurunan jumlah DPS di Pilkada Bone ini disebabkan oleh beberapa item, salah satunya adalah adanya perpindahan penduduk dan ada pula yang meninggal dunia.

Baca Juga: Kampanye di Sibulue, Ambo Dalle Bonceng Fahsar Keliling Kampung

“Faktanya setelah dimutakhirkan ternyata terjadi penurunan. Faktor penyebab terjadinya penurunan banyak itemnya. Di antaranya data orang yang sudah meninggal, ada nama yang tidak dikenal atau tidak diketahui,” ungkap Aksi kepada Bonepos.com, Jumat, 16 Maret 2018.

Lanjut Aksi, adapun perbedaan jumlah DPT pada pemilu sebelumnya boleh jadi karena sistem data kependudukan hari ini lebih baik dari sebelumnya, dimana efek e-KTP menyebabkan penduduk yang memiliki KTP ganda sudah tidak ada lagi.

Terpisah, Ketua Gerakan Beringin Muda (GBM) Bone, Anshar Katutu yang menanggapi hasil penetapan DPS, mengatakan bahwa pihaknya akan turun ke lapangan untuk menginventarisasi siapa saja warga yang tidak terdaftar di DPS.

“Initinya kami akan turun ke lapangan melakukan pengecekan apakah DPS ini sudah sesuai dengan fakta di lapangan, selain itu kami juga akan bentuk posko pengaduan calon pemilih, dimana nantinya akan kami bantuk untuk dimasukkan dalam Daftar Pemilih di PPS atau PPK,” ungkapnya.

Penulis : Iwan Taruna

Komentar

News Feed