oleh

Ini Jadwal Debat Kandidat Kontestan Pilkada Sinjai 2018

BONEPOS.COM, SINJAI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai berencana akan menggelar debat kandidat Calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Sinjai di Gedung Pertemuan Sinjai, Senin 23 April 2018 mendatang.

Devisi Partisipasi Masyarakat, Nurhikmah mengatakan debat kandidat ini bertema ” Penguatan Karakter Sosial Berbasis Pembangunan Maritim serta Pelayanan Publik yang Berkeadilan ” . Debat akan dilaksanakan off air pukul 15.00 Wita dan on air pada pukul 16.00 Wita.

BNNK BONE

Menurut Nurhikmah, tema debat yang diangkat merupakan hasil diskusi antara panelis moderator dan KPU.

“Tema debat itu didapat dari hasil diskusi antara panelis, moderator dan KPU. Tema ini bermaksa luas, dan diharapkan para kandidat akan memberikan pemaparannya dengan apik,” ungkapnya.

Lanjut Nurhikmah, yang ditunjuk sebagai moderator debat adalah DR. M. Ikbal Sultan yang merupakan ketua departeman ilmu komunikasi Unhas. Sedangkan untuk panelis sendiri masih dirahasiakan.

Untuk pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Sinjai sendiri hanya dibatasi membawa pendukung dan tim masing masing 40 orang.

“Paslon Bupati hanya dibatasi membawa masing masing 40 orang pendukung dan tim. Karena aula gedung terbatas, maka kami dari KPU hanya membatasi sebanyak 350 orang saja untuk tim pendukung dan masyarakat yang hadir didebat kandidat nantinya,” jelasnya.

Dalam debat nanti akan dibagi enam sesi yaitu sesi pertama pembukaan, sesi kedua pemaparan visi dan misi, sesi ketiga pendalaman visi dan misi, sesi keempat, pertanyaan dan sanggahan dari masing-masing Calon Bupati Sinjai, sesi kelima, Pertanyaan dan sanggahan dari masing-masing Wakil Calon Bupati Sinjai, dan sesi keenam Closing.

Nurhikmah juga menambahkan tim pendukung paslon Bupati tidak boleh membawa Alat Peraga Kampanye (APK) seperti spanduk, poster dan umbul-umbul, namun bisa menggunakan kostum dan nomor paslon masing-masing.

“Tim pendukung paslon Bupati dilarang membawa alat peraga kampanye baik itu berupa spanduk, poster atau umbul-umbul di dalam aula debat. Tapi kami mengizinkan mereka memakai kostum atau membawa nomor paslon Bupati dukungannya,” ujarnya.

Nurhikmah juga berharap agar para kandidat paslon Bupati dan Wakil Bupati menguasai tema dan visi misinya masing-masing. (Suparman Warium)

Komentar

News Feed