oleh

Bawaslu Cari Dalang Penyebar Brosur Black Campaign Cagub NH di Bone

Banner Ucapan Selamat

BONEPOS.COM, BONE – Bawaslu Kabupaten Bone, menelusuri dalang penyebar brosur berisi black campaign yang diduga menyudutkan cagub Sulsel HAM Nurdin Halid (NH).

Anggota Bawaslu Bone, Alwi menuturkan, saat ini, Panwascam mulai menggali informasi dari beberapa warga, terkait dimana saja lokasi brosur black campaign itu ditemukan.

BNNK BONE

“Iye dinda. (Soal Black Campaign-red) Malam ini kami perintahkan semua Panwascam untuk memperketat posko dan bergerak melakukan penelusuran,” ungkap Alwi kepada Bonepos.com, Rabu malam, 22 Mei 2018.

Untuk diketahui, sejumlah atribut kampanye hitam yang diduga menyudutkan Cagub NH itu, beredar di sejumlah wilayah di Bone pada Rabu, 22 Mei 2018 dini hari tadi.

Atribut black campaign yang beredar di Bone berupa spanduk, kaos dan brosur. Dimana dalam atribut tersebut bertuliskan “Pilgub Anti Koruptor dan Saya Bone, Saya Anti Korupsi”.

Dalam brosur tersebut berisikan komentar tokoh nasional seperti Mahfud MD yang menyebutkan bahwa mantan Napi tak pantas jadi pejabat publik.

Selain itu, dalam brosur tersebut juga dimuat komentar Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla yang menyebutkan, kalau calon itu mempunyai background pernah dihukum tentu berbeda dengan yang tidak.

Untuk diketahui, black campaign merupakan salah satu hal yang dilarang dilakukan dalam kampanye sesuai Pasal 69 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pilkada.

Setiap orang yang terbukti melanggar aturan kampanye akan dikenakan sanksi pidana pemilu, sebagaimana diatur dalam Pasal 187 ayat 2.

Dalam Pasal 187 ayat 2 UU itu disebutkan, setiap orang yang dengan sengaja melanggar ketentuan larangan pelaksanaan kampanye, salah satunya black campaign, dipidana dengan hukuman 3-18 bulan penjara dan/atau denda Rp 600.000 – Rp 6 juta.

Selain pidana pemilu, orang yang melakukan black campaign juga bisa dikenakan sanksi pidana umum yang diatur dalam Pasal 310 tentang penghinaan atau pencemaran nama baik.

(Iwan Taruna)

 

Banner Ucapan

Komentar

News Feed