oleh

Catat! KPU Bone Bakal “Gugurkan” Eks Koruptor yang Daftar Nyaleg

BONEPOS.COM, BONE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone menyatakan akan menggugurkan berkas calon anggota legislatif (Caleg). Itu bila pendaftar terbukti pernah tersandung kasus korupsi serta kasus hukum lainnya.

Demikian diungkapkan Ketua KPU Bone, Izharul Haq saat ditemui di Hotel Helios, Jalan Langsat, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, usai Sosialisasi Pendaftaran Bakal Calon Anggota DPRD Bone, Selasa 3 Juli 2018.

BNNK BONE

Ia menegaskan, pihaknya akan konsisten dan komitmen terkait verifikasi berkas dalam pendaftaran bakal calon anggota legislatif yang pernah terpidana kasus korupsi dan kasus hukum lainnya. Bila terbukti itu akan digugurkan pada tahapan administrasi.

“Nanti akan dilihat saat pendaftaran bilamana calon pernah terpidana, karena akan tercantum di lampiran SKCK, baik itu pernah terpidana kasus korupsi, sebagai bandar narkoba, dan residivis,” jelas Izharul Haq.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2019. Dengan aturan tersebut, eks koruptor tak bisa menjadi calon anggota legislatif.

Pasal 7 ayat 1 huruf h PKPU itu berbunyi bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota adalah Warga Negara Indonesia dan harus memenuhi persyaratan bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi. Namun, tak lama aturan itu diteken, menuai pro kontra sejumlah pihak.

(Iwan Taruna)

Komentar

News Feed