oleh

Pleno KPU dan Bawaslu Bone Tetapkan DPT 544.926

BONEPOS.COM, BONE – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bone menggelar rapat pleno terbuka terkait Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum tahun 2019.

Pada kesempatan itu KPUD Bone menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 544.926 orang yang terdiri dari 258.323 pemilih laki-laki dan 286.603 untuk pemilih perempuan, yang digelar di Hotel Novena, Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin 20 Agustus 2018 pukul 09.00 Wita.

BNNK BONE

Turut hadir pada Rapat Pleno terbuka penetapan DPT tersebut seluruh PPK jajaran KPUD Bone, Komisioner Bawaslu Bone dan sejumlah perwakilan Partai Politik.

Andi Mappaninsong Komisioner KPUD Bone, yang ditemui setelah rapat pleno mengatakan bahwa penetapan DPT tersebut melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Penetapan DPT ini telah melalui tahapan-tahapan dari PPS ke PPK hingga kabupaten, yang juga melibatkan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” kata Andi Mappaninsong kepada awak media usai rapat pleno.

Andi Mappaninsong juga menuturkan bahwa jumlah DPT Pemilu 2019 ini mengalami peningkatan sebesar 2,31 persen dibandingkan DPT Pilkada Serentak 2018 lalu mencapai 532.287 orang.

“Peningkatan DPT ini disebabkan adanya tambahan pemilih pemula dari remaja atau pelajar yang telah genap berusia 17 tahun, serta anggota TNI/Polri yang baru pensiun,”ungkapnya.

Andi Mappaninsong juga menambahkan bahwa selain dari DPT, Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga bertambah dari 1.523 menjadi 2.234 yang tersebar di 372 Desa/Kelurahan dari 27 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bone.

“Jadi ada tambahan sekitar 711 TPS. Kenapa meningkat TPSnya? Karena ada batasan pemilih sampai 300 per TPS, tapi kita bikin 250, karena siapa tahu nanti ada pemilih pindah pada saat pemilu,”tambahnya
.

IWAN TARUNA

Banner AFP Promosi Doktor M Awaluddin

Komentar

News Feed