oleh

BPI Ingatkan Jokowi Soal Penyalahgunaan Kekuasaan Menangkan Pilpres

BONEPOS.COM, JAKARTA – Pemerintah memiliki peran besar menjaga prinsip netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kepala Daerah menyambut Pemilu 2019 mendatang.

Direktur Eksekutif Bimata Politica Indonesia (BPI), Panji Nugraha menegaskan kelancaran Pemilu 2019 mendatang tergantung sejauh mana keteladanan ASN dan Kepala Daerah secara umum.

BNNK BONE

“Khususnya Pilpres yang banyak mendapat sorotan masyarakat. Sejauh ini sudah ada beberapa temuan indikasi Kepala Daerah turut aktif menggunakan fasilitas negara berkampanye,” bebernya.

Hal tersebut, kata Panji, harus dievaluasi ketat oleh KPU sebagai penyelenggara pemilu. Serta Bawaslu sebagai instrumen pengawas pelaksanaan pemilu.

Lebih jauh Panji mengatakan, kegagalan pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo mengevaluasi aparatur negara akan berbuntut pada penilaian buruk dari publik.

“Diprotes atau tidak, saya pikir Presiden sudah tahu kapasitasnya seperti apa. Jangan menunggu untuk selalu dikritik baru berbenah,” cetus Panji.

Kendati demikian, Panji tetap mengingatkan agar menjaga suasana kondusfitas menyambut Pilpres mendatang.

“Peran aktif masyarakat sangat menentukan kualitas demokrasi bangsa ini. Semoga angka golput dapat ditekan dan pengawasan masyarakat mengawasi pelaksananaan pemilu semakin meningkat,” harapnya.(ran)

Komentar

News Feed