oleh

NCID Sebut Keteladanan Prabowo dalam Merespon Kondisi Bangsa

BONEPOS.COM, JAKARTA – Pasca bencana gempa  7,5 skala richter (SR) dan tsunami melanda Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Perhatian publik masih difokuskan pada pemulihan keadaan terhadap korban di daerah tersebut.

Bahkan penanganan pemulihan keadaan di Sulawesi Tengah, publik mengaitkan kedua sikap Calon Presiden yakni Prabowo Subianto dan Joko Widodo.

BNNK BONE

Hal tersebut, disampaikan oleh  Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman. Jajat menilai sikap kedua tokoh ini sangat kontras.

Meski keduanya merasa simpati, Jajat menilai sikap Prabowo lebih tenang dan tidak gegabah. “Prabowo banyak dikenal sebagai ahli strategi termasuk pemulihan keadaan dalam keadaan darurat sekalipun. Tapi, Ia selalu lebih tenang dan sulit ditebak langkahnya,” tutur Jajat (Selasa, 2/10/2018).

Sebelumnya diketahui, korban di lokasi bencana mengeluhkan ketersediaan pasokan makanan dan logistik lainnya. Serta bantuan tenaga relawan untuk segera membantu evakuasi korban yang masih banyak belum ditemukan.

“Ada temuan di lapangan bahwa relawan harus nganggur di bandara rela menunggu antrian karena mendahulukan perjalanan pejabat,” bebernya.

Lebih jauh, Jajat meminta pemerintah mempertimbangkan status bencana nasional atas gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah tersebut.

“Semoga pak Jokowi mampu membangun koordinasi yang baik, belajar dari penanganan bencana yang lalu-lalu seperti tsunami Aceh. Serta bertindak tepat dan tidak terkesan menunggangi isu bencana sekedar bahan pencitraan,” harapnya.

Jajat juga membandingkan sikap Prabowo Subianto pada bencana Gempa Lombok NTB beberapa waktu lalu. Lebih dulu mengirim bantuan ke lokasi dan mengutus relawan kemanusiaan.

“Sepertinya pak Prabowo lebih paham bahwa publik sudah muak dengan ulah oknum politisi yang kerap menjadikan bencana sebagai ruang pencitraan. Jika benar demikian, Prabowo sejatinya sudah memenangkan hati rakyat, tulus ikhlas,” tutup Jajat.

Komentar

News Feed