oleh

Bawaslu Bone Monitoring Panwascam Jelang Pileg dan Pilpres

BONEPOS.COM, BONE – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone melakukan monitoring 27 Panitia Pengawas Kecamatan di Kabupaten Bone. Dalam monitoring itu, mereka mengumpulkan seluruh PPKD, Staf yang selanjutnya diberikan pengarahan dalam rangka menjelang Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019.

Seperti yang dilakukan di Panwascam Cina, Koordinator Wilayah Bawaslu Bone, Ridwan Hudzaifah melakukan pertemuan kepada komisioner Panwascam, PPKD maupun staf pada pukul 13.00, Wita, Selasa, (4/9/2018). Tatap muka ini berlangsung dialogis antara Bawaslu Bone dengan PPKD yang menanyakan langsung tentang pengawasan dan bentuk pelanggaran pileg dan Pilpres 2019.

BNNK BONE

Kordinator Wilayah Bawaslu Bone, RIdwan Hudzaifah, mengatakan pada Pilkada lalu, Bone dikategorikan aman, kondusif dan sukses menyelenggarakan pesta demokrasi. Hal ini menjadi apresiasi positif oleh Bawaslu RI hingga mendapatkan penghargaan terutama dalam hal menangani pelanggaran maupun sengketa. Hal itu tidak terlepas dari kerja kerja petugas dilapangan seperti PPKD maupun panwascam.

“Semoga bisa dipertahankan pada pileg dan pilpres. Mari kita pertahankan dan menjaga marwah lembaga kita. Apalagi tugas kita ke depan lebih berat dan sangat perlu kehati-hatian,” ujar Ridwan Hudzaifah.

Ridwan yang juga Ketua Divisi Pelanggaran Bawaslu Bone, menyampaikan saat ini musim bacaleg. PPKD diharapkan melakukan pengawasan terhadap bentuk pelanggaran yang kemungkinan para bacaleg melakukan kampanye diluar jadwal.

“PPKD harus mengidentifikasi bentuk pelanggarannya. jika sudah mengenai pelanggaran maka harus dilaporkan. Jangan ada bentuk pelanggaran yang diselesaikan secara kekeluargaan,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panwascam Cina, Rusdi Fatah mengatakan panwascam Cina memiliki 12 PPKD yang siap mengawal pileg dan Pilpres 2019. Apalagi kata dia, selama pilkada kemarin, Kecamatan Cina termasuk wilayah yang aman dan sukses mengawal jalannya pemilihan.

“Kita disini terbilang aman, karena berkat pencegahan dan sosialisasi kami yang utamakan. dan alhamdulillah, pelanggaran tidak ada yang sampai di proses di Bawaslu Bone,” ujarnya.

Komentar

News Feed