Presiden Jokowi Tinjau Proyek Padat Karya Tunai di Gowa

Editor
Presiden Jokowi saat meninjau proyek di Kabupaten Gowa

BONEPOS.COM, GOWA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, meninjau pelaksanaan proyek padat karya tunai untuk pembangunan jalan produksi dan saluran irigasi di Desa Panyangkalang, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Kamis 15 Februari 2018.

Di bawah guyuran hujan lebat, Presiden melihat langsung pelaksanaan proyek pembangunan jalan produksi sepanjang 1.040 meter dan lebar 3 meter itu. Dimana Jokowi melihat langsung proses pengerjaannya proyek yang dikerjakan oleh masyarakat dan kelompok tani itu.

Melihat kedatangan Presiden, puluhan pekerja proyek tersebut spontan berdiri dan mendekati orang nomor satu di Republik Indonesia itu untuk bersalaman. Tanpa pengawalan yang ketat, Presiden Jokowi pun dengan ramah menyambut antusiasme warga yang akan menyalaminya.

Kepada wartawan yang hadir meliput kegiatan tersebut, Presiden menjelaskan bahwa khusus di Provinsi Sulawesi Selatan, ada 380 lokasi padat karya tunai, dimana proyek ini bertujuan untuk mempermudah produksi pertanian di Sulsel.

“Ada berupa irigasi. Ada berupa jalan persawahan untuk mempermudah produksi. Kita harapkan saluran irigasi sekundernya sudah bagus. Nanti tersiernya baik sehingga terjadi peningkatan produksi,”ungkap Presiden.

Untuk diketahui, kunjungan Presiden ke-7 RI ke Sulsel ini, merupakan kunjungan yang ketujuh kalinya. Dalam kunjungannya kali ini, Presiden diagendakan akan menghadiri sejumlah kegiatan yang digelar tiga daerah, yakni, Kabupaten Gowa, Takalar, dan Makassar.

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Lanud Hasanuddin, Rabu, 14 Februari 2018, sekira pukul, 19.00 WITA. Kemudian pada pukul 19.30, bersama dengan rombongan Jokowi menuju ke Hotel The Rinra, Tanjung Bunga untuk menginap.

Keesokan harinya, Kamis, 15 Februari 2018, Presiden menghadiri acar pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) yang berlangsung di Lapangan Syekh Yusuf Discovery. Alternatif di Istana Balla Lompo, Kabupaten Gowa.

Selanjutnya, pada pukul 10.30 WITA, Presiden dan rombongan meninjau lokasi padat karya di Kecamatan Pattallasang, Kabupaten Gowa, kemudian menuju ke rumah Makan Limbung di Kelurahan Kalebajeng, Kecamatan Bajeng, Gowa.

Sekira pukul 12.30 WITA, Presiden menghadiri acara pemberian 5.000 sertifikat tanah untuk enam kabupaten di Sulawesi Selatan: Makassar, Gowa, Takalar, Bantaeng, Bulukumba dan Jeneponto, yang berlangsung di Lapangan Makkatang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar.

Dan pada pukul 14.30 WITA, Presiden dan rombongan kemudian menuju Kota Makassar untuk menghadiri acara pembukaan Forum Rektor Indonesia (FRI) 2018, yang berlangsung di Baruga AP Pettarani Kampus Unhas, Tamalanrea, Makassar.

Kemudian, pada pukul 16.00 WITA, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara dan rombongan dijadwalkan akan menuju ke Lanud Hasanuddin, Makassar untuk selanjutnya bertolak ke Jakarta.

Penulis : Ilham Iskandar