oleh

Rilis Survei CRC di Pilwalkot Makassar, DIAmi Masih Teratas

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Celebes Research Center (CRC) masih mengunggulkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Walikota (Pilwalkot) Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) di Pemilihan Walikota Makassar 2018 mendatang.

Hal itu berdasarkan hasil survei CRC, dimana elektabilitas atau tingkat keterpilihan calon nomor urut 2 (dua) tersebut mencapai 71,8 persen. Sementara pasangan nomor urut 1 (satu) Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu), hanya sebesar 18,8 persen.

Baca Juga: Appy Ungkit Reklamasi, Ini Bantahan Telak Danny

“Untuk pasangan nomor urut satu DIAmi mencapai 71,8 persen sedangkan Appi-Cicu mencapai 18,8 persen. Dan yang belum menjawab 9,4 persen,” kata Direktur CRC, Herman Heizer, saat memaparkan hasil survei CRC di Hotel Arya Duta Makassar, Minggu, 18 Maret 2018.

Herman menyebutkan, hasil survei CRC tersebut dilakukan pada 1 hingga 14 Maret 2018, menggunakan sistem Multistage Random Sampling, dimana melibatkan 1.000 responden yang tersebar secara proporsional di 15 kecamatan di-Makassar, dengan Margin of error 2,9 persen.

“Jadi ini bukan prediksi, siapa yang akan memenangkan pilkada pada Juni mendatang. Data ini merupakan hasil potret pada saat survei dilakukan. Data ini bisa saja berubah, bergantung dari pergerakan tim,” tegas Herman.

Secara umum lanjut Herman, nama pasangan kandidat DIAmi selalu berada di posisi teratas di setiap daerah pemilihan di Makassar, kemudian disusul oleh pasangan Appi-Cicu.

Sementara itu, adapun alasan pemilih dalam menentukan pilihan didasarkan empat alasan tertinggi, yakni bukti kinerja, pasangan diyakini mampu membawa perubahan (harapan baru), pasangan yang merakyat dan sederhana, dan pengalaman pasangan calon di pemerintahan.

Penulis : Jumardi Ramling

Komentar

News Feed