S2 IPS UNM Studi Lapang ke Londa dan Lolai Tator

Editor
S2 IPS UNM Studi Lapang ke Londa dan Lolai Tator

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Selama tiga hari 15-17 Desember 2017, mahasiswa S2 IPS PPs-UNM melakukan studi lapang ke Tana Toraja dan Toraja Utara. Demikian ditegaskan Ketua Prodi S2 IPS PPs-UNM, Prof Dr. Darman Manda, M.Hum kepada media, Minggu 17 Desember 2017.

Dijelaskan, para  mahasiswa yang ikut dalam rombongan itu berasal dari konsentrasi pendidikan sejarah, pendidikan ekonomi, pendidikan sosiologi, dan PKN.

Selama berada di daerah yang jadi tujuan utama wisatawan ini, mengunjungi Londa berupa pemakanan pada dinding batu, pemukiman adat Kete Kesu.

“Selain itu juga menikmati  keindahan megalitik di Bori serta berkunjung Lolai dikenal dengan negeri di atas awan,” tegas doktor antropologi PPs-Unhas ini.

Studi lapang kali ini bertujuan mengetahui bagaimana kehidupan dan kebudayaan masyarakat Tana Toraja dan Toraja Utara melalui peninggalan kebudayaan yang tersebar di kedua daerah tersebut.

“Kuliah lapang mahasiswa sering dilaksanakan guna member pemahaman lebih jauh dan mendetail akan fenomena dan masalah sosial di lapangan,” ungkapnya.

Kunjungan lapangan sebelumnya pernah dilakukan di suku adat Kajang Bulukumba. Pernah juga mengamati perubahan sosial di Lapangan Karebosi dan Pantai Losari.
 
Selama dalam lawatan itu  mahasiswa calon magister pendidikan tersebut didampingi dosen pembimbing, Hasruddin Nur,  S. Pd., M. Pd.

Darman Manda lahir di Polewali 3 Januari 1965. Tamat SD dan SMP di Barru. Tamat SMA 5 Makassar 1984. Sarjana sejarah FPIPS IKIP Ujung Pandang 1989.  S2 Universitas Padjadjaran Bandung 1996. Short Course, La Trobe University, Bendigo Victoria  Australia, tahun 1997.  S3 Antropologi PPs-Unhas 2007. (yahya)

Editor     : Jumardi Ramling