oleh

Sebanyak 20 Koperasi se-Sulsel Ikuti Bimtek Standar Operasi

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Sebanyak 20 orang perwakilan pengurus koperasi di Sulawesi Selatan mengikuti bimbingan teknis penyusunan Standar Operating Procedure (SOP) di GedungPusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulsel, Jl. Metro Tanjung Bunga, Senin 30 Juli 2018.

Kegiatan ini, sebagai realisasi program kerja tahun 2018 guna terwujudnya koperasi yang maju dan mandiri.

BNNK BONE

Konsultan kelembagaan PLUT Sulsel, Putra Handayani mengatakan, bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengurus koperasi dengan kerja-kerja yang terukur.

“Kemampuan menyusun dan menerapkan SOP akan memberikan dampak langsung pada pada kemampuan SDM dengann menjalankan fungsi manajemen dengan baik,” tuturnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Bonepos.com.

Hadir sebagai narasumber adalah kepala UPT. PLUT Sulsel, Dra.Hj.Andi Diah, MM dan widyaswara Balatkop, H. Kamaruddin, SE, MPd.

Dalam pelatihan ini peserta berlatih menyusun pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam koperasi untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas-fasilitas proses yang dilakukan berjalan secara efisien dan efektif, konsisten, standar dan sistematis.

“SOP adalah sistem manual standar yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja layanan,” ujar Andi Diah.

Adapun Kamaruddin membawakan materi jenis-jensi SOP dan manfaatnya bagi koperasi.

”kalau kinerja koperasi lancar akan berpengaruh pada tingkat kesehatan koperasi sehingga bisa berkembang lagi kedepannya,” katanya.

Komentar

News Feed