oleh

Selangkah Lagi IYL Sandang Pakar Hukum Pendidikan

 Selangkah Lagi IYL  Sandang Pakar Hukum Pendidikan

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Ichsan Yasin Limpo (IYL) boleh bernafas lega. Yah, salah satu tahapan menentukan untuk mendapatkan gelar doktor di Fakultas Hukum Unhas, berhasil dilewati dengan sempurna.

IYL yang menjalani ujian pra promosi program doktor, Kamis (25/01/2018), mampu meyakinkan sejumlah guru besar yang menjadi penguji dan promotornya di kampus merah tersebut.

Selama kurang lebih dua jam, IYL yang mengenakan jas almamater Unhas, mampu mempertahankan disertasinya tentang Politik Hukum Pendidikan Dasar Dalam Sistem Pendidikan Nasional.

Keberhasilan pelopor perda pendidikan gratis di Indonesia ini, mengantarkannya bakal menyandang gelar doktor bidang hukum pendidikan di Unhas. Sebab IYL sisa menjalani ujian promosi yang diagendakan dalam waktu dekat.

Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof Dr Farida Patittingi menguji performa Ichsan di ujian tertutup itu. Ichsan, kata Prof Farida, sangat layak untuk melaju ke ujian promosi doktornya.

“Semua penguji juga memberi penilaian sangat bagus. Di ujian tadi, lebih digali aspek filosofis dari penelitiannya,” kata Prof Farida yang juga bertindak selaku promotor.

Ichsan sendiri dipastikan mendapat predikat pakar, usai menyandang gelar doktornya nanti. “Ya pakar hukum di bidang pendidikan,” tutup Prof Farida.

Dalam disertasinya, Ichsan mengambil judul Politik Hukum Pendidikan Dasar Dalam Sistem Pendidikan Nasional.

Sebelum ujian pra promosi, Ichsan melakukan penelitian di beberapa negara Asia dan Eropa. Seperti Singapura, Jepang, Korea Selatan, Finlandia dan Belanda.

Ichsan sendiri bukan tanpa tujuan mengambil sampel pendidikan dasar dalam penelitiannya. Ketua PMI Sulsel ini memang sangat peduli dengan pendidikan.

Editor     : Jumardi Ramling

Komentar

News Feed