oleh

Timnas Basket Belum Adaptasi dengan Kursi Roda

BONEPOS.COM – Jakarta –  Asian Para Games berlangsung sebetra lagi, para tim nasional (timnas) kursi roda Indonesia sudah siap bertanding di Asian Para Games 2018.

Timnas basket kursi roda mulai menjalani latihan di Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang mulai akhir pekan lalu. Sebelumnya, mereka digodok di Solo, Jawa Tengah, lokasi pemusatan latihan atlet-atlet nasional disabilitas di bawah binaan National Paralympic Committee (NPC).

BNNK BONE

Tiga pekan menjelang Asian Para Games 6-13 Oktober, Namun, timnas basket kursi roda belum menerima kursi roda. Mereka berharap bisa segera beradaptasi.

Melansir dari halaman sport.detik dalam wawancara Donald peserta basket mengatakan : “Kami sudah siap 100 persen, cuma kami belum ada kursi roda yang akan kami pakai saat pertandingan. Itu harus segera dipakai karena karena perlu ada adaptasi,” kata

“Di dalam tim ini tidak banyak yang punya kursi roda berstandar internasional, untuk pertandingan. Kursi roda yang berstandar internasional itu ada bumper di depannya. Ban harus standar untuk lapangan kayu, enggak boleh bikin lecet lantai lapangan. Untuk basket rodanya miring sedikit. tinggi bumper ada peraturan,” tutur Donald.

“Kursi roda sudah ada, sudah sampai di Solo. Tapi, belum bisa dibuka. Kalau ada waktu untuk berlatih dengan kursi roda itu lebih lama maka lebih baik. Semestinya, 2-3 bulan (sebelum Asian Para Games) sudah dipakai. Sulit untuk punya sendiri, terlalu mahal,” pria kelahiran Amerika Serikat, 21 November 1989 itu.

Selain itu, kursi roda pun tak bisa dipakai bergantian antar pemain. Sebab, postur dan berat badan masing-masing atlet berbeda sesuai kebutuhannya masing – masing dan tidak boleh merusak lantai lapangan.

Sisilain, Timnas basket ke Asian Para Games juga berharap agar mendapatkan kesempatan untuk menjajal lapangan sebelum benar-benar bertandingdi hall A Basket kompleks Gelora Bung Karno (GBK).

Editor : Nur Atika Pratiwi
Sumber : Sport.detik.com

Komentar

News Feed