oleh

Waspada! Begini Modus Baru Pencuri Motor yang Beraksi di Bone

-Bone, Sport-1.546 views
Waspada! Begini Modus Baru Pencuri Motor yang Beraksi di Bone
Rahmat Ashari Alias Baso Esse bin Bahtiar saat diamankan Polisi. (BONEPOS.COM – IST).


BONEPOS.COM, BONE – Modus pencurian sepeda motor semakin beragam, seperti dilakukan Rahmat Ashari Alias Baso Esse bin Bahtiar, warga asal jalan Lompengeng, Kelurahan Cabbengnge, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Kejadiannya terjadi pada 15 Desember 2017 lalu, dimana pria berumur 27 tahun ini, mengajak calon korbannya yakni, Hayana binti H. Apaleng untuk ketemuan dengan dalih untuk menjalin pertemanan. Pertemuan keduanya berlangsung di Desa Lppo Ase, Kecamatan Awangpone.

BNNK BONE

Nah saat bertemu, pelaku pun mengajak korban jalan-jalan ke kota Watampone, dengan menggunakan sepeda motor korban. Setibanya di kota, pelaku kemudian mengajak korban untuk mampir di salah satu Masjid di daerah Palakka.

Saat itu, pelaku memilih untuk mengerjakan salat lebih dahulu, lalu menyusul sang korban, sambari menitipkan tasnya kepada pelaku. Saat korbanya mengerjakan salat, pelaku kemudian menggasak tas berisikan uang tunai Rp 800 ribu dan 2 unit handphone, serta sepeda motor Honda Beat milik korban.

Akibat kejadian itu, korban melaporkan peristiwa yang dialaminya ke pihak Kepolisian Resor (Polres) Bone dengan nomor laporan, LP/568/XII/2017/SPKT/RES BONE tanggal, 15 Desember 2017.

Usaha pihak Kepolisian akhirnya membuahkan hasil, dimana mereka berhasil menemukan dan meringkus Baso Esse di tempat persembunyiannya di Kampung Paue, Kelurahan Salokarajae, Kecamatan Lalebata, Kabupaten Soppeng, Selasa, 30 Januari 2018, sekira pukul 23.30 WITA.

Kasat Reskrim Polres Bone, Ajun Komisaris Polisi, Hardjoko yang dikonfirmasi wartawan, membenarkan hal tersebut, dimana menurut dia, pelaku beserta barang buktinya sudah diamankan di Mapolres Bone berdasarkan laporan korban.

“Pelaku kami amankan di Soppeng, dan saat ini sudah berada di Mapolres Bone. Adapun barang bukti yang diamankan dari tangan pelaku yakni, 1 unit sepeda motor, 2 unit Handphone merek Nokia dan Samsung J1,” ungkap Hardjoko.

Hardjoko mengungkapkan, aksi pencurian sepeda motor ini, bukanlah kali pertama dilakukan pelaku, melainkan sudah tiga kali. Pertama pada tahun 2014 di daerah Cabbeng, Soppeng, tepatnya di jalan Talabbangi, pada tahun 2018 di Bone dan di Perbatasan Kabupaten Baru dan Pare-pare.

Di Soppeng sendiri pelaku menggasak 1 unit motor jenis Honda Blade, di Bone Honda Beat warna putih dan di Barru hinda Beat warna merah putih milik Latang, dimana aksi pencurian itu dilakukan pelaku pada 10 Januari 2018 lalu.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya itu, kini pelaku mendekam dibalik jeruji besi sel tahanan Polres Bone. Dia dijerat pasal 363 KUH-Pidana dengan ancam hukuman tujuh tahun penjara.

Penulis   : Iwan Taruna
Editor     : Risal Saleem

Komentar

News Feed