oleh

Penyuluh dan Imam Desa Dibekali Bimbingan Pemotongan Sapi Qurban

-Bone-221 views

BONEPOS.COM, BONE – Penyuluh Agama Islam Non PNS dan Imam Desa dibekali pengetahuan pemotongan hewan sapi kurban di KUA Kecamatan Barebbo, Selasa, 14 Agustus 2018. Kegiatan sosialisasi dan bimbingan tersebut dilakukan Kementerian Agama Kabupaten Bone bekerjasama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Bone dalam bentuk safari kurban.

Puluhan peserta bimbingan yang hadir 4 kecamatan, yakni Kecamatan Barebbo, Kecamatan Sibulue, Kecamatan Ponre, Kecamatan Cina dibekali cara pemotongan sapi serta syarat sapi kurban yang akan disembelih. Pemateri yang hadir, yakni Kepala Bimas Kemenag Bone, Taufiq Raden, Kepala Dinas Peternakan Bone Aris Handoko.

BNNK BONE

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bone, Aris Handoko, mengatakan menghadapi hari kurban, pihaknya bersama dengan Kemenag Bone melakukan bimbingan di setiap jajaran Kantor Urusan Agama (KUA) Se Kabupaten Bone dalam rangka mengetahui cara penyembelihan hewan qurban dan syarat sapi yang akan dipotong.

“Tidak semua sapi bisa dijadikan qurban, tergantung kita mengetahui sapi itu apakah cacat atau tidak. Selain itu, dalam qurban ini, bisa diketahui cara penyembelihannya,” ujarnya.

Dijelaskan pula, bahwa menghadapi hari qurban, pihak Dinas Peternakan Kabupaten Bone juga menyediakan sapi qurban yang dijual berada di terminal Petta Ponggawae. Apabila panitia mesjid atau pihak lain tergantung ukurannya.

Terpisah, Kepala KUA Cina, Abdul Wahid mengatakan perlunya imam desa atau mesjid, maupun penyuluh agama wajib mengetahui dan menjadi corong dalam penyembelihan hewan qurban.

“Sekarang ini, ada kita lihat. Dia seorang penyembelih, tapi tidak pernah shalat. Ironis, banyak pemotongan hewan yang tidak sesuai dengan syariat,” ujarnya.

Komentar

News Feed