oleh

Jembatan Gantung Jebol, Ratusan Warga di Polewali Bone Terisolir

-Bone-427 views

BONEPOS.COM, KAJUARA – Jembatan gantung yang menghubungkan antara Desa Polewali dengan Ibu kota Kecamatan Kajuara, Kajuara Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan jebol pada, Jumat, 17 Agustus 2018 kemarin. Akibatnya ratusan warga di wilayah tersebut terisolir.

Kondisi rusaknya jembatan gantung ini sudah berlangsung lama, namun sampai hari ini belum ada upaya dari pemerintah daerah maupun pusat untuk melakukan perbaikan jembatan ini. Padahal jembatan ini merupakan satu-satunya akses bagi warga dalam melakoni aktifitasnya.

BNNK BONE

Setiap kali terjadi kerusakan seperti papan penyangga yang patah, warga selalu bergotong royong memperbaikinya. Namun peristiwa rusaknya jembatan beberapa hari ini, sudah semakin parah dan memperihatinkan.

Salah satu warga Polewali, Andi Sul, kepada Bonepos.com, Sabtu, 18 Agustus 2018 mengatakan, terdapat tiga titik kerusakan yang cukup parah di jembatan gantung tersebut, dimana saat ini pemerintah desa bersama warga bergotong-royong melakukan perbaikan.

“Kemarin sudah miring, tapi baru diperbaiki tadi dan untuk sementara jembatan kita ditutup, takutnya nanti menelan korban. Jadi untuk sementara warga menyeberang dengan menggunakan perahu,” ungkap Andi Sul.

Dikatakannya, bahwa usia jembatan di wilayahnya itu diperkirakan telah berumur 20 tahun lebih, diduga karena usianya yang sudah tua sehingga rangka penyangga besi sudah mulai banyak yang rusak dan patah.

“Untuk memperbaiki penahan yang rusak warga secara swadaya mengganti dengan balok kayu namun hal ini tidak bertahan lama. Sudah lima kali papan penyangga jembatan ini diganti,” ujarnya.

Sejumlah warga Polewali selalu merasa takut dan was-was ketika lewat diatas jembatan ini. Olehnya itu warga berharap pemerintah tidak tinggal diam melihat kondisi jembatan yang semakin hari, kondisinya semakin memperihatinkan ini.

Julfiadi

 

Komentar

News Feed