oleh

Desa Lappae Gelar Pembentukan dan Pelatihan KPMD

-Bone-210 views

BONEPOS.COM, BONE — Untuk meningkatkan partispasi masyarakat desa dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, Pemerintah Desa Lappae Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone menggelar pembentukan dan pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarkat (KPMD). Pelatihan tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Lappae yang diikuti 20 orang peserta perwakilan masing-masing dusun Selasa (28/8/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut Pendamping Desa Kecamatan Tellu Siattinge, dan Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Bone Suardi Mandang dan Abdi Halim selaku pemateri.

BNNK BONE

Hj. Andi Mardiana dalam sambutannya mengharapkan pelatihan KPMD ini mampu melahirkan kader partispatif dan responsip yang peka terhadap kebutuhan masyarakat dan mampu bersinergi dengan pemerintah desa.

“Masyarakat desa sebagai pemanfaat penggunaan dana desa, harus diberikan penguatan agar mereka memahami hak dan kewajiban mereka dalam pembangunan desa” sambut Istri Camat Lapri tersebut.

Sementara itu, Tenaga Ahli P3MD, Suardi Mandang menjelaskan bahwa Kader desa adalah motor penggerak pembangunan desa, sehingga kader harus memiliki jiwa sosial dan peka terhadap lingkungan sekitar.

“Pembangunan manusia adalah langkah tepat untuk membangun desa. Karena pembangunan sejatinya adalah menguatkan kader untuk mengambil peran dalam pengambilan kebijakan pembangunan desa” tegas Ator sapaan akrab Suardi Mandang

Senada juga dikatakan Abdi Halim Tenaga Ahli Infrastruktur Desa yang juga sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, menegaskan KPMD adalah bagian dari pendampingan desa sesuai PP 47 Tahun 2015 tentang Pelaksaan UU Desa Nomor 6 Tahun 2014, sehingga mereka harus memiliki pemahaman terkait dengan alur dan mekanisme yang ada di desa.

” KMPD di SK Kan oleh kepala desa, tupoksi mereka adalah sebagai bagian dari pendampingan desa” jelasnya.

ANDI DEDI

Komentar

News Feed