oleh

Cek Kampus Anda di Sini, Kepala BKPSDM Bone Angkat Bicara

-Bone-165 views

BONEPOS. COM, BONE— Merebaknya persoalan akreditasi perguruan tinggi dikalangan pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)membuat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Dumber Daya Manusia (BPKPSDM) Kabupaten Bone Angkat bicara.

Menurut Kepala BPKPSDM Kabupaten Bone, Andi Islamuddin, bahwa pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih rinci pasalnya salah satu stafnya yang masih berada di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (KemenPAN) di Jakarta mempertanyakan masalah tersebut apakah persyaratan CPNS adalah akreditasi yang harus dilengkapi yakni akreditasi kampus atau Fakultas atau Akreditasi jurusan/program studi.

BNNK BONE

“Tunggu Staf saya datang dari Jakarta untuk lebih jelasnya, ” ujar Andi Islamuddin melalui via ponselnya, Kamis, 27 September 2018.

Kendati demikian, Andi Islamuddin menjelaskan bahwa salah satu persyaratan mutlak adalah Akreditasi pada saat kelulusan dengan melampirkan foto copy yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi National Perguruan Tinggi.

Sementara itu, di beberapa Perguruan Tinggi atau kampus di kabupaten Bone rata rata memiliki Akreditasi kampus 2015.

STAI Al-Gazali

Wakil Ketua I Bidang Akademik STAI Al-Gazali Bone Suyuti mengatakan, perjalanan Kampus sejak mulai beroperasi di Bone tahun 1990 hingga pada tahun 2000 hanya Prodi PAI yang diakreditasi sebab pada waktu itu belum ada akreditasi Institusi dari BAN/PT.

“Jadi waktu itu ada ijin dari BAN/PT untuk beroperasi, nanti 2015 baru ada Akreditasi Institusi dari BAN/PT,” ungkap Suyuti.

Sedangkan untuk Prodi PAI sudah dilakukan akreditasi ulang dengan nilai Akreditasi B. Begitu pila Prodi PGRA dan PAUD sudah akreditasi di 2016 nilai akreditasi B.

Kampus Akper Bataritoja

Sementara itu pihak Kampus Akbid Batari Toja menjelaskan sejak beroperasi di 2007 karena sudah ada ijin dari Lembaga Layanan Pendidikan (Dikti). Dan untuk Akreditasi Institusi 2010 dan 2015 nilai akreditasi C.

“Perlu juga dipahami bahwa Akbid Batari Toja adalah Akademi. “Sehingga tidak ada yang dikatakan Akreditasi Batari Toja,” ujar sumber petinggi kampus yang minta namanya tidak disebutkan.

Dia menilai informasi yang diperoleh mahasiswa itu membingungkan dan simpang siur. “Ada yang menanyakan akreditasi terbaru, itu tidak mungkin karena akreditasi baru kembali dilakukan pada 2020,” jelasnya.

Akbid Bina Sehat Nusantara

Direktur Akbid Bina Sehat Nusantara Hasnidar juga mengatakan, bahwa akreditasi Kampus terlaksana pada 2015.

Berdasarkan informasi perjalanan kampus Bina Sehat Nusantara mulai beroperasi di Bone sejak 2007.

“Tidak mungkin bisa beroperasi kalau tidak terakreditasi,” ungkapnya.

SUGIANTO WARIUM

Komentar

News Feed