oleh

Pesta Panen, Adat Mallanca dan Mappaddekko Semarakkan Syukuran Warga Bone

-Bone-167 views

BONEPOS.COM, BONE – “Mallanca” merupakan salah satu budaya yang dilakukan warga Kelurahan Cellu, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, dalam kurun waktu tiga tahun sekali ini sebagai wujud pesta panen.

Selain dari “Mallanca”, warga Kelurahan Cellu juga menampilkan kelihaian mereka dalam memainkan alat tradisional bernama “Palungeng” yang masyarakat sekitar menyebutnya sebagai “Mappaddekko”, kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bone, Camat Tanete Riattang Timur, Lurah Cellu, Ketua Karang Taruna Cellu, Tokoh Adat Kelurahan Cellu dan segenap masyarakat Kelurahan Cellu.

BNNK BONE

Wakil Bupati Bone, H.Ambo Dalle dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya berharap budaya tersebut harus dilestarikan, sebab melalu kegiatan-kegiatan seperti ini dapat mempererat silaturahmi.

“Budaya kita ini patut di lestarikan, karena dengan acara seperti ini kita dapat menjalin silaturahmi bukan hanya sesama warga cellu tetapi semua masyarakat bone yang hadir, semoga acara tiga tahunan ini bisalah di tambahkan sedikit perlombaan supaya ada warna baru, dan ini tugas dari Karang Taruna La Tenri Amparang Cellu,”kata H.Ambo Dalle.

Sementara itu, Camat Tanete Riattang Timur Hasnawati Ramli mengatakan kegiatan ini jangan berhenti sampai disini, sebab budaya harus tetap dilestarikan selama tidak bertentangan dengan syariat agama islam.

“Jangan lupakan tradisi. Selama itu masih sesuai dengan ajaran syariat islam. Budaya adalah warisan yang harus di lestarikan,”ujarnya

Terpisah dengan Ketua Karang Taruna La Tenri Amparang, Haswandi yang ditemui mengatakan bahwa acara pesta panen tersebut merupakan pesta untuk semua masyarakat Cellu yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali.

“Acara pesta panen ini adalah pesta semua masyarakat cellu yang diadakan selama tiga tahun sekali, dan suksesnya kegiatan ini tidak lain karena kerja sama dari pemuda dan tokoh-tokoh masryarakat dan saya ucapkan banyak terima kasih,”ujar Haswandi

Iwan Taruna

Komentar

News Feed