oleh

Ini Harapan Adnan Purichta di Malam Puncak HKG PKK Gowa ke-46

-Gowa-94 views

BONEPOS.COM, GOWA — Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG)Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Ke-46 Tahun 2018, berlangsung meriah di Pelataran Rumah Jabatan Bupati Gowa, Senin, (17/9) malam.

Peringatan ini dihadiri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang juga selaku Ketua Dewan Pembina PKK Kabupaten Gowa, didampingi Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, serta Forkopimda Kab Gowa.

BNNK BONE

Ketua PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan yang membacakan sambutan seragam Ketua Umum PKK Pusat, dr. Erni Guntarti Cahyo Kumolo, menyampaikan bahwa gerakan PKK telah berkiprah di seluruh pelosok nusantara selama 46 tahun, namun secara fakta sesungguhnya Gerakan PKK sudah berkiprah sejak tahun 1960-an.

“Sepanjang masa itulah Gerakan PKK senantiasa berupaya ikut menggerakkan peran serta keluarga dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan, agar mereka lebih tahu, lebih mau dan lebih mampu meningkatkan kesejahteraan hidup dan penghidupannya,” katanya.

Atas dasar sejarah diatas sehingga tema sentral HKG PKK yang ke-46, yakni ‘Kerukunan dalam Keluarga dan Lingkungan untuk Mewujudkan Indonesia Damai’, tema ini mengajak seluruh jajaran TP PKK untuk bisa memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh keluarga-keluarga di Indonesia untuk bisa menciptakan kerukunan dalam kondisi apapun.

“Untuk itu, saya mengingatkan kita semua selaku unsur TP PKK bahwa keluarga dan lingkungan kita harus dapat menjadi benteng utama dan pertama untuk terciptanya kondisi masyarakat yang nyaman, aman, tentram dan damai, yang jika kesemuanya dapat dipenuhi, jika kondisi ketentraman, dan keagamaan dapat diwujudkan, maka akan tercipta” ujar Priska

Sementara Adnan mengatakan bahwa kita tentu merasa bangga dan bahagia dengan hadirnya PKK yang semakin baik dari tahun ke tahunnya. Kebaikan ini tentu melihat dari beberapa pencapaian-pencapaian yang telah diterima dan di torehkan, baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

“Pencapaian inilah sehingga saya berharap PKK Kab Gowa terus berkarya dan juga terus menorehkan prestasi-prestasinya dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa, gerakan PKK merupakan sebuah gerakan yang paling menentukan di wilayah Kab Gowa, sebab tidak ada pembangunan tanpa dedikasi, tanpa keterlibatan dari seluruh anggota PKK mulai dari tingkat Kabupaten sampai dengan Dusun dan Lingkungan.

“Kemajuan yang kita rasakan saat ini, tidak terlepas dari peran serta seluruh PKK yang ada, karena kita memiliki tanggung jawab yang sama. Kalaulah kita mampu menjaga kekompakan dan kebersamaan diantara kita, maka saya yakin dan percaya Insyaallah kita mampu mengantarkan Kab Gowa kearah yang lebih baik dan masyarakatnya makin Sejahterah dimasa yang akan datang,” kata Adnan dihadapan seluruh Anggota TP PKK Kab Gowa.

Menyikapi hal tersebut, maka dalam membangun keluarga yang mandiri, berdaya saing dan juga keluarga yang berkualitas sangat dibutuhkan sentuhan dari para ibu-ibu PKK yang ada di Gowa. Jika kita mau membangun SDM yang baik maka itu hanya dapat kita capai jika ada sentuhan tangan dari para ibu-ibu PKK.

“Oleh karena itu, kalau kita ingin membangun keluarga yang baik, maka sangat dibutuhkan peran serta ibu-ibu PKK dalam membina dan mendidik anak-anak kita, baik anak kita secara biologis maupun anak-anak kita yang ada di Wilayah Kab Gowa dengan cara mengintegradikan ke-10 program PKK dengan program-program pemerintah Kab Gowa yang bermuara tentunya untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Kab Gowa,” tambahnya bupati termuda di KTI ini.

Dikesempatan ini juga Bupati Adnan menginformasikan kepada seluruh Lurah, terkhusus kepada TP PKK yang ada di kelurahan bahwa tahun 2019 mendatang, Pemkab Gowa akan menyediakan Dana Alokasi Kelurahan untuk seluruh kelurahan yang ada di wilayah Kab Gowa, sehingga dari dana alokasi ini juga akan dialokasikan anggaran khusus untuk PKK yang ada dikelurahan.

Diakhir kegiatan juga diumunkan beberapa pemenang lomba yang telah diadakan dalam menyambut peringatan HKG ini, yakni Lomba 10 program PKK, Lomba Administrasi PKK, Lomba cipta menu B2SA, dan lomba busana dari Daur Ulang.

Ahmad Rusli

Komentar

News Feed