oleh

Meski Banjir Mulai Surut, Relawan PMI Masih Siaga 24 Jam

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Telepon seluler salah satu relawan PMI Sulsel berdering. Di balik sana, seseorang melapor. Bahwa, tinggi air mencapai perut orang dewasa. Tindakan pertolongan diminta untuk disiapkan.

Dengan segera, puluhan relawan PMI Sulsel merespon. Mereka bergerak menuju salah satu lokasi banjir di Makassar. Hitungan menit, puluhan relawan PMI Sulsel itu sudah tiba di tujuan.

BNNK BONE

Gesit, cepat dan terlatih. Relawan PMI Sulsel ini membantu warga yang rumahnya terendam banjir. Ada pula yang diangkut menggunakan perahu karet. Evakuasi istilahnya.

Sekretaris PMI Sulsel, Lutfhi Qadir, mengatakan, ia dan para relawan diminta untuk siaga 24 jam. “Ini perintah langsung Pak Ketua, Ichsan Yasin Limpo. Kami tidak boleh kendor katanya,” papar Lutfhi.

Ichsan, sebagai Ketua PMI Sulsel, memang jauh-jauh hari sudah mewanti-wanti. Bahwa, cuaca ekstrim di Sulsel akhir-akhir ini, berpotensi menyebabkan bencana. Maka, sekali waktu dalam apel siaga bersama di markas Polda Sulsel, sosok peduli kemanusiaan ini meminta menekankan pentingnya respon cepat PMI Sulsel menolong warga.

“Hampir setiap saat kami dikontrol. Pak Ichsan sangat memperhatikan kondisi warga yang terkena banjir. Alhamdulillah, kami juga semangat karena setiap saat dikontrol Pak Ketua,” tutur Luthfi.

Selain itu, lanjut dia, relawan juga berpencar di sejumlah lokasi yang dilanda banjir. Untuk terus melakukan evakuasi jika dibutuhkan. Maupun siaga kemungkinan terjadinya banjir susulan di wilayah lain.

“Sesuai arahan Pak Ichsan. Seperti saat kita dengan cepat menambahkan satu unit perahu karet beserta pelampung dari gudang regional,” tutupnya.

Penulis   : Jumardi Ramling
Editor     : Risal Saleem

Komentar

News Feed