oleh

Prof Rafii Yunus Berpulang, IYL: Sulsel Kehilangan Sosok Ulama Kharismatik

Prof Rafii Yunus Berpulang, IYL: Sulsel Kehilangan Sosok Ulama Kharismatik
Anregurutta Prof Dr Rafii Yunus Martan. (IST).


BONEPOS.COM, MAKASSAR – Kabar duka menyelimuti Sulsel. Anregurutta Prof Dr Rafii Yunus Martan, meninggal dunia. Ulama kharismatik itu menghembuskan nafas terakhirnya sekitar Pukul 19.30 Wita di Rumah Sakit di Makassar, Senin 29 Januari 2018 malam.

Kandidat Gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo (IYL) yang sejak siang hari ikut memantau perkembangan kesehatan Gurutta, menyampaikan ungkapan duka mendalam atas berpulangnya ke rahmatullah Ketua Umum PB Pondok Pesantren As’adiyah, Wajo.

BNNK BONE

Ungkapan duka mantan Bupati Gowa itu ditulis di akun facebooknya, sesaat setelah mendapat kabar duka.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Anregurutta Prof Dr Rafii Yunus Martan. Beliau ulama kharismatik yang dimiliki Sulsel,” tulis Ichsan, sesaat setelah mendengar kabar duka itu.

Bagi IYL, Gurutta Rafii Yunus tak hanya kharismatik. Selain kesederhanaan yang dimiliki, juga tekadnya membumikan syiar Islam selalu patut di contoh. Apalagi sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Gurutta masih menerima permintaan peserta muktamirin As’adiyah  untuk memimpin kembali salah satu pesantren tertua di Sulsel itu.

Menurut dia, berkat kepemimpinan almarhum selama tiga periode menjadi Ketua Umum PB As’adiyah, ada banyak kemajuan dan capaian yang diperoleh, terutama dalam pengembangan pendidikan keagamaan di Wajo, termasuk di Sulsel.

Terbukti, lanjut dia, di tengah persaingan lembaga pendidikan, As’adiyah masih terus diminati. Termasuk cabang yang dimiliki tersebar di sejumlah daerah di Indonesia.

Sebelumnya Ichsan juga terus memantau perkembangan kondisi kesehatan Gurutta Rafii Yunus. Ichsan sempat mengajak seluruh warga Sulsel untuk mendoakan kesehatan beliau.

Sekadar diketahui, IYL memang dikenal selalu menaruh perhatian ke lembaga pendidikan, termasuk pondok pesantren. Khusus As’adiyah, Ichsan juga tercatat sebagai satu-satunya kandidat yang mengirimkan karangan bunga saat Muktamar As’adiyah di Balikpapan, belum lama ini.

Penulis   : Jumardi Ramling
Editor     : Risal Saleem

Banner AFP Promosi Doktor M Awaluddin

Komentar

News Feed