oleh

Dinkes Makassar Sidak Apotek Bermasalah

BONEPOS.COM, MAKASSAR — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah apotek, Selasa 14 Agustus 2018. Dari sidak tersebut, petugas Dinkes menemukan apotek nakal hingga yang tidak memiliki izin.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sumber Daya Dinkes Makassar, Irma Haddade menuturkan sidak ini rutin dilaksanakan untuk melihat dan memastikan kondisi apotek di Makassar aman. Namun, dari sidak itu, masih banyak apotek yang bermasalah lantaran tidak sesuai dengan standar apotek.

BNNK BONE

“Kita tadi sidak di dekat stadion, kita temukan apotek tidak sesuai standar, masa obat dicampur dengan makanan di lemari es. Terus itu juga dapurnya dekat dengan ruang racik obat, itu kan tidak boleh,” jelas Irma.

Lanjut Irma, parahnya lagi kondisi ruangan obat yang panas menjadi permasalahan di sejumlah apotek yang ada.

“Harusnyakan itu tempat obat dingin harus ber-AC, tidak bisa panas karena itu obat,” terangnya.

Selain menemukan apotek yang tidak sesuai standar, Dinkes Makassar juga kembali menemukan apotek yang kembali beroperasi meski telah dilakukan penyegelan sebelumnya.

“Ada apotek yang kembali beroperasi, padahal sebelumnya sudah disegel karena surat-suratnya tidak lengkap. Artinya lengkapi dulu izin, baru buka kembali,” tambahnya.

Dinkes Makassar berharap seluruh apotek di Makassar harus sesuai standar dengan memerhatikan aturan yang berlaku, memiliki izin dan tidak menjual obat daftar G.

Ahmad Rusli

Banner Ucapan

Komentar

News Feed