oleh

Kerajinan Pakis Sinjai Pukau Pengunjung Pameran Kerajinan Nasional di Makassar

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Kerajinan Pakis yang dipamerkan di stand Pameran Dekranasda Kabupaten Sinjai pukau pengunjung pameran Pameran Kerajinan Nasional Daerah dan Produk Industri Nusantara yang digelar di Hotel Claro, jalan AP Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 5 September 2018.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Akbar mengatakan bahwa Kabupaten Sinjai memiliki berbagai industri kerajinan yang potensial. Kerajinan pakis yang sejak dulu dikembangkan di Sinjai kini semakin variatif dari segi pilihan produknya dan ini menarik perhatian pengunjung.

BNNK BONE

“Selain asbak dan wadah tissu, kini pakis pun menjadi pelapis untuk perabotan seperti kursi, meja, dan cermin. Selain itu, di Sinjai pun telah dikembangkan industri pandai besi, dan bahkan direncanakan kedepannya mampu menjadi sentra produksi cangkul,” kata Akbar, Kamis 6 September 2018.

Sementara itu Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai, Melani Jufri Rahman mengatakan bahwa event Pameran Dekranasda Ini merupakan agenda rutin yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai sarana promosi agar masyarakat di Sulawesi Selatan mengetahui potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Sinjai.

Bahkan menurutnya, kerajinan lampu dari kulit kerang sangat potensial untuk diekspor. Untuk itu beliau berharap jika ada event pameran berskala internasional, sinjai dapat berpartisipasi sehingga Kerajinan Dan produk IKM sinjai dapat dikenal hingga ke luar negeri.

Namun, menurutnya, penggiat IKM harus selalu peka terhadap tren dan selera pasar sehingga promosi kepada target pasar makin maksimal.

Selain dikunjungi Oleh Plt. Asisten Pemerintahan Pemprov SulSel, Salim Abdul Rahman, stand Kabupaten Sinjai juga menarik perhatian Ketua TP. PKK Kabupaten. Gowa, Priska Paramita Adnan.

Dia mengatakan bahwa Kerajinan sinjai sangat Indah dan beberapa kemasan produk IKM Sinjai cukup kekinian dan up to date sehingga Dia mengatakan Dekranasda Kab. Gowa perlu studi banding ke Sinjai.

Penulis: Suparman Warium

Komentar

News Feed