oleh

Hebat! Siswa SMAN 1 Maros akan Perkenalkan Budaya Bugis Makassar di Korea Selatan

-Maros-830 views

BONEPOS.COM, MAROS – Siswa SMA Negeri 1 Maros Fauzan Al Hadi adalah salah satu delegasi Sulawesi Selatan menjadi salah satu pelajar yang mewakili Indonesia dalam program Friendship From Indonesia yang dilaksanakan di Seoul, Korea Selatan. Selasa 17 Mei 2018 mendatang.

Kegiatan ini dilaksanakan kurang lebih enam hari terhitung 17 – 23 April 2018. Friendship From Indonesia merupakan program pertukaran budaya antara Indonesia dan Korea Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh pelajar dan mahasiswa terpilih dari masing-masing provinsi di Indonesia.

BNNK BONE

Fauzan merupakan salah seorang siswa yang berprestasi di SMA Negeri 1 Maros. Saat ini dia duduk di bangku kelas dua belas, dan sebentar lagi akan melanjutkan Pendidikan yang lebih tinggi. Fauzan bersyukur karena mendapatkan kepercayaan untuk memperkenalkan budaya di Sulawesi Selatan khususnya budaya Bugis Makassar.

Menurut siswa yang berumur tujuh belas tahun itu, sudah saatnya budaya yang sangat menjunjung tinggi rasa persatuan dan saling menghargai diperkanalkan ke kanca internasional. Fauzan nantinya akan memperkenalkan budaya sipakatau, sipakalebbi, dan sipakainge.

Alasan Fauzan mengangkat budaya tersebut mengingat generasi melenial di era sekarang sudah meninggalkan kultur adat istiadat dan rasa senasib dan sepenanggung, dan Menurut Fauzan bugis Makassar mengajarkan itu semua.

Selain itu, siswa yang hobi bermain futsal itu juga akan mengangkat budaya siri’ na pacce. Budaya siri’ na pacce adalah keselarasan antara perkataan dan perbuatan. Seorang Bugis Makassar yang bijaksana harus sesuai dengan kata yang diucapkan dan perbuatan yang dilakukannya.
Menurutnya budaya siri’ na pacce bisa menjadi pedoman hidup di era masyarakat modern saat ini, sehingga perlu budaya Bugis Makassar ini bisa diperkenalkan ke kancah dunia khususnya di negri gingseng itu.

“Sudah saatnya budaya kita harus dikenalkan di dunia, orang-orang baik banyak dari Bugis Makassar” tuturnya saat diwawancarai, Café Reso Sudiang. Minggu 15 April 2018.

Fauzan tak hanya membawa nama SMA Negeri 1 Maros, juga membawa organisasi yang mendorong pelajar di Indonesia yang ingin berkontribusi untuk kemajuan budaya suatu bangsa yaitu Rumah AspirasiTA’.

Komentar

News Feed