oleh

Gandeng Dinkes Sinjai Tim Saber Pungli Gelar Sosialisasi

-Sinjai-443 views
Gandeng Dinkes Sinjai Tim Saber Pungli Gelar Sosialisasi

BONEPOS.COM, SINJAI – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) kerjasama dengan Dinas Kesehatan melakukan Sosialisasi Saber Pungli pada jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai di Wisma Hawai Aula, Senin 29 Januari 2018.

Dalam sosialisasi yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris Dinas, para Kabid, Kasie, Kasubbag, Kepala UPT Puskesmas se-Kabupaten sinjai, Bendahara, koordinator bidan dan ketua profesi se-kabupaten Sinjai.

BNNK BONE

Ketua Tim Saber Pungli Sinjai, AKBP Abd Rauf menyampaikan maksud dan tujuan sosialisasi Tim Saber Pungli ini antara lain adalah dalam rangka pencegahan pungutan liar yang selama ini masih sering ada laporan atau pengaduan masyarakat khususnya pada tempat (lembaga) pelayanan publik.

“Pungutan Liar adalah seluruh pungutan yang dikutip oleh seseorang atau lembaga yang secara ketentuannya tidak diperbolehkan atau adanya kutipan yang berlebihan dari ketentuan yang berlaku yang dapat merugikan masyarakat,” terangnya.

AKBP Abd Rauf menambahkan, ada beberapa kasus pungli yang terjadi di lapangan. Ada yang sudah berproses pidana dan ada juga masih dalam tahap pemeriksaan, sehingga Tim Saber Pungli perlu melakukan sosialisasi sebagai bentuk pencegahan di berbagi instansi seperti di jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dan kami juga memberikan apresiasi kepada dinas kesehatan yang mengundang tim saber pungli untuk melakukan sosialisasi supaya tidak terjadi pungli  dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Dalam sesi diskusi, banyak pertanyaan dan masalah yang sering muncul di tempat kerja masing-masing yang disampaikan oleh para Kepala UPT Puskesmas.

Pada akhir pertemuan, Tim Saber Pungli menyampaikan harapannya agar kedepan tidak ada laporan baik dari masyarakat maupun dari internal Dinas Kesehatan yang merasa dirugikan atas dugaan adanya pungutan liar di jajaran Dinas Kesehatan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dr.Suryanto Asapa menyampaikan terima kasih kepada tim saber pungli yang telah bersedia melakukan sosialisasi saber pungli di jajaran dinas kesehatan

Sosialisasi ini, kata Suryanto Dalam rangka meningkat pelayanan kesehatan dan memberikan hak masyarakat sesuai dengan seharusnya baik dalam layanan kesehatannya maupun dari jumlah biaya yang harus dikeluarkan

Karena itu, ia berharap kerjasama dari masyarakat sehingga petugas tidak melakukan praktek Pungli.

“contohnya ibu hamil diharapkan ibu hamil tidak ada lagi yang melahirkan di rumah tapi melahirkan di fasilitas kesehatan yang ada selain untuk menghindari pungli juga pelayanan yang akan didapatkan masyarakat akan maksimal karena sarana dan prasana di fasilitas kesehatan lebih menjamin,” kata Suryanto.

Penulis   : Suparman Warium
Editor     : Jumardi Ramling

Banner AFP Promosi Doktor M Awaluddin

Komentar

News Feed