oleh

Panen Perdana, Bupati Sabirin Optimis Sinjai jadi Sentra Penghasil Kacang Tanah

-Sinjai-664 views
Bupati Sinjai, Sabirin Yahya menghadiri panen perdana kacang tanah Desa Aska Kecamatan Sinjai Selatan, Jumat kemarin 2 Februari 2018.

BONEPOS.COM, SINJAI – Panen Perdana kacang tanah varietas kelinci dan kancil digelar di Dusun Kalamisu, Desa Aska Kecamatan Sinjai Selatan, Jumat kemarin 2 Februari 2018.

Panen perdana tersebut dibuka oleh Bupati Sinjai, H Sabirin Yahya, S.Sos. Hadir dalam acara tersebut para Kepala Perangkat Daerah kabupaten Sinjai, para Kabag Setdakab Sinjai, Camat Sinjai Selatan, Unsur Tripika kecamatan Sinjai Selatan, kepala desa Aska, serta para anggota Kelomlok Tani Mutiara Hijau, dan masyarakat setempat.

BNNK BONE

“Kacang tanah merupakan salah satu komoditi andalan yang banyak digunakan dan dikonsumsi masyarakat karena mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, kacang tanah tidak hanya digunakan untuk pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga serta pakan ternak tetapi juga bahan baku industri.” Ungkap Sabirin.

“Melihat besarnya kegunaan kacang tanah ini, aka saya mengimbau kepada para petugas dan kelompok tani dapat melihat besarnya peluang ini sehingga kedepannya kacang tanah yang dikembangkan bukan hanya dipergunakan sebagai konsumsi dalam bentuk kacang utuh tetapi juga dibuat dan dikemas dalam olahan cantik dan menarik sehingga kedepannya dapat menjadi salah satu produk unggulan khas Kabupaten Sinjai,” jelasnya.

Dirinya juga meminta kepada para kelompok tani yang telah melakukan panen dan telah melaporkan bahwa produksi kacang tanah yang dipanen 2 kali lebih  baik produksinya dibandingkan varietas lokal dapat diikuti kelelompok tani yang lain, sehingga Kabupaten Sinjai dapat menjadi sentra penghasil kacang tanah di Sulawesi Selatan.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Sinjai, Ir Hj Marwatia Darwis dalam laporannya menyampaikan bahwa sejumlah bantuan yang diserahkan dari APBD Kabupaten Sinjai berupa benih kacang tanah seluas 5 hektar berupa 3 ribu benih kacang tanah.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada kelompok tani Mutiara Hijau di Desa ini yang telah mengundang kami untuk melakukan panen perdana,” jelasnya.

Penulis   : Suparman Warium
Editor     : Risal Saleem

Komentar

News Feed