oleh

Tingkatkan Partisipasi Pemula, KNPI Sinjai Beri Pendidikan Politik Bagi Pelajar

BONEPOS.COM, SINJAI – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sinjai menggelar pendidikan politik bagi pemilih pemula di Bumi Panrita Kitta, Sabtu 21 April 2018 di Cafe Orange, Hotel Sinjai.

Ketua DPD KNPI Sinjai, Satria Ramli, menyatakan Kegiatan ini adalah salah satu program DPD KNPI Sinjai Komisi Ideologi dan Politik, yang diharapkan dapat mendukung pemerintah untuk memberikan pemahaman dan pencerdasan bagi pemilih pemula dalam menyalurkan aspirasi dan suaranya pada pesta demokrasi, baik pemilukada, pilgub, pileg maupun pilpres.

BNNK BONE

“Oleh karena itu saya berharap Peserta dapat manfaatkan pendidikan politik ini khususnya dalam menghadapi tahun politik 2018 sehingga hadir pelimukada yg demokratis sehat dan mencerdaskan. KNPI berharap agar pemilih pemula betul-betul dapat menyalurkan hak politiknya secara sadar dan rasional, sadar karena memiliki hak politik dan rasional dalam melihat dan memilih kepala daerah,” ungkap Satria.

Sementara Plt. Bupati Sinjai HA Fajar Yanwar, yang membuka secara resmi acara ini sangat mengapresasi Kegiatan Pendidikan Politik ini sebagai salah satu bentuk dukungan KNPI dalam menyadarkan pemuda khususnya pemilih pemuda dalam berdemokrasi sebagai warga negara.

“Kegiatan ini tentunya bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan politik bagi generasi muda dalam memasuki pesta demokrasi,” kata Andi Fajar.

Lebih lanjut A.Fajar menyampaikan bahwa Pemuda sebagai agen perubahan diharapkan dapat mengembangkan wawasan kebangsaan, memberikan pendidikan politik dan membangun demokrasi. Pemuda harus berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan.

“Saya menyampaikan terima kasih dan rasa hormat kepada Pengurus DPD KNPI Sinjai sebagai wadah berhimpunnya pemuda yang memiliki kepekaan dan responsibilitas yang begitu cepat dan tanggap atas kondisi kekinian dan KNPI Sinjai mampu menunjukkan jati dirinya sebagai ujung tombak dan garda terdepan dalam membangun pendidikan politik dan menciptakan iklim demokrasi yang baik dengan melaksanakan kegiatan yang sangat positif bagi pemuda,” tuturnya.

Melalui pendidikan politik ini, lanjutnya, pemilih pemula turut bertanggungjawab dalam mensukseskan pemilu sehingga capaian partisipasi politik meningkat dan dapat mengeleminasi kemungkinan penolakan dan tumbuhnya golput.

“Terkait adanya issu dari akun yang tidak jelas, yang berpropaganda dan memojokkan para calon kada didunia maya medsos, saya minta untuk tidak ditanggapi dan tidak dipeduli, tetapi mari kita gunakan rasional atau akal pikiran kita dalam melihat dan menilai program dan kemampuan masing-masing calon yang telah lolos seleksi dan dianggap layak memimpin sinjai kedepan,” imbuhnya. (Suparman Warium)

Komentar

News Feed