oleh

Bekali Pelajar Pemahaman Demokrasi, KPU Sinjai Gelar Debat Tingkat SMA

BONEPOS.COM, SINJAI – Menjelang Pelaksananaan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Kabupaten Sinjai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sinjai menggelar debat pelajar tingkat SMA atau Sederajat, di Aula Hotel Rofina, Sabtu (28/04/2018).

Dari sekian sekolah yang mengikuti Debat Siswa antar pelajar tersebut, ada 5 sekolah yang dinyatakan ikut dalam final Debat Siswa yang diselenggarakan oleh KPU dengan mengusung tema “Demokrasi, Pemilu dan Pilkada”.

BNNK BONE

Adapun sekolah yang keluar menjadi Juara I adalah SMA 2 Sinjai, dengan perolehan nilai 1550. Juara II diraih oleh SMA 5 Sinjai dengan nilai 1546, Juara III diraih oleh SMA 1 Sinjai dengan nilai 1524, Juara IV diraih oleh SMAN 7 Sinjai dengan nilai 1475, dan Juara V diraih oleh Tim dari SMK 1 Sinjai dengan perolehan nilai 1439.

Pemenang Juara I mendapatkan hadiah tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 2.000.000, Juara II mendapatkan hadiah tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000, Juara III mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 1.250.000, sedangkan untuk Juara IV dan V masing masing mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 500.000.

Devisi Sosialisasi dan Parmas KPU Sinjai, Nurhikmah mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan pemahaman kepada pelajar tingkat SMA atau sederajat tentang Demokrasi.

“Kegiatan ini menanamkan pemahaman kepada pelajar kita di SMA atau sederajat, tentang Demokrasi, Pemilu dan Pilkada. Sehingga, saya sangat yakin bahwa siswa terpelajar yang memahami tentang Demokrasi, Pemilu, dan Pilkada sejak dini, tentu sangat membantu dan bermanfaat bagi KPU bersosialisasi dengan masyarakat Sinjai,” kata Nurhikmah.

Lanjut Nurhikmah, bahwa dengan terpilihnya juara pertama Debat Siswa tersebut, akan mewakili KPU Sinjai dalam debat siswa di Makassar.

“Ada 24 kabupaten yang akan mengikuti debat di Makassar. Saya berharap utusan SMA 2 Sinjai akan mengharumkan nama KPU Sinjai dan mampu menjadi penyambung lidah KPU untuk masyarakat Sinjai,” ujar Nurhikmah.

Dalam pelaksanaan debat antar pelajar tersebut, turut hadir Direktur Sinjai Info Zainal Abidin sebagai Moderator, dan sementara dewan juri diantaranya, Dosen STISIP Muhammadiyah Sinjai, Dr. Hermansyah, M.Si, Budayawan, Drs.Muhannis, Jurnalis Tribun Timur, Syamsul Bahri, S.S, Jurnalis Kompas TV, Muh Salih Mustang S.pd, Dosen IAIM Sinjai, Rahmatullah MA. (*)

Komentar

News Feed