oleh

Sekda Sinjai Pimpin Rakor dan Evaluasi SAKIP

BONEPOS.COM, SINJAI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sinjai Drs. Akbar Mukmin, M. Si hadiri rapat koordinasi dan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Senin (17/9/2018).

Dalam sambutannya, Ia menyampaikan bahwa tahapan penilaian akuntabilitas kinerja penyelenggaraan pemerintah dilaksanakan melalui proses perencanaan yang terukur, jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

BNNK BONE

Serta melaksanakan pembangunan, menyelenggarakan pemerintahan dan pelayanan publik secara adil dan berkesinambungan.

Serta melakukan evaluasi monitoring terhadap tujuan, sasaran, program dan kegiatan yang telah di tuangkan dalam rencana pembangunan jangka menengah.

“Proses evaluasi kinerja pemerintahan ini adalah untuk menilai sejauh mana tingkat capaian kinerja setiap perangkat daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, selain itu evaluasi SAKIP ini dilakukan untuk mengetahui secara pasti apa yang telah dilakukan dan apa yang telah di capai dalam RPJMD yang telah di susun”, jelasnya.

Selain itu, Penilaian kinerja dalam SAKIP ini menjadi acuan Kepala Daerah dalam menilai tingat keberhasilan para Kepala Perangkat Daerah untuk mendukung pencapaian Visi dan Misi Kepala Daerah.

Setiap perangkat daerah harus mampu mewujudkan penyelenggaraan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih baik dalam rangka menghadirkan pemerintahan yang terpercaya, akuntabel dan efisien.

Hasil penilaian SAKIP Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai pada tahun 2017 lalu, yang dilaksanakan oleh Kementerian PAN dan RB, Alhamdulillah sudah mendapatkan predikat nilai Baik “B’ dan melampaui target yang di tetapkan dalam RPJMD tahun 2013-2018.

Hal ini merupakan suatu kebanggaan karena Kabupaten Sinjai berada pada peringkat 4 Nilai SAKIP untuk tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Pencapaian ini sudah sejalan dengan pencapaian pengelolaan keuangan daerah yang meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah kita raih dua tahun berturut-turut dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) yang mendapatkan Prestasi Kinerja Status Sangat Tinggi Bintang Tiga dengan Peringkat 24 Tingkat Nasional dan Peringkat 5 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Rapat ini dihadiri oleh Tim Evaluasi dan Narasumber Inpektorat Provinsi Sulawesi Selatan, Asisten Administrasi Perekonomian Pembangunan & Kesra, Para Kabag Setdakab. Sinjai, Para Kepala OPD dan Staf yang mewakili Instansi. (*)

Komentar

News Feed