oleh

Survei CSIS, NH-Aziz Unggul di Pilgub Sulsel

BONEPOS.COM, JAKARTA – Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di 5 Provinsi di Indonesia, salah satunya adalah Sulawesi Selatan.

Dari hasil survei yang dilakukan sejak 16 hingga 30 April 2018 itu, elektabilitas pasangan nomor urut 1 (satu) Nurdin Halid dan Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) dinyatakan unggul sebesar 30.6 persen.

Kemudian posisi kedua ditempati pasangan nomor urut 3 (tiga) Prof Nurdin Abdullah – Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) 21,2 persen.

Sedangkan posisi ketiga di tempati, pasangan nomor urut 4 (Empat) Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) dengan perolehan 20,7 persen.

Untuk pasangan nomor urut 2 (dua) Agus Arifin Nu’mang – Tanribali Lamo (Agus-Tanribali) memperoleh hasil sebesar 9,9 persen.

Peneliti Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes mengatakan, ada beberapa faktor keunggulan Nurdin Halid, diantaranya faktor soliditas golkar.

“Nurdin Halid unggul dibanding tiga kandidat lainnya. Ada beberapa faktor keunggulan Nurdin Halid, yang pertama itu faktor soliditas golkar,” kata Arya, Minggu, 13 Mei 2018.

Arya mengungkapkan, bahwa survei tersebut menggunakan 898 responden yang tersebar secara proporsional di seluruh kabupaten/kota di Sulsel, dengan bersifat independen dan objektif.

Margin of error survei CSIS ini lanjut Arya mencapai 3,27 persen dengan tingat kepercayaan mencapai 95 persen, dan periode survei dilakukan selama 14 hari.

(Jumardi Ramling).

 

Komentar

News Feed