Tak Ingin Dukungan Rakyat ‘Dibegal’, Demokrat Perketat Pengawalan Berkas IYL-Cakka

Editor
IYL-Cakka

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Kendati tahapan paling berat di jalur independen sudah dilewati pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) sudah dilewati, yakni verifikasi administrasi. Namun Partai Demokrat beserta tim Punggawa Macakka tak ingin terlena.

Selain relawan dan tim yang bertugas khusus mengawal tahapan verifikasi faktual, Partai Demokrat yang konsisten berada dibarisan IYL-Cakka tak mau tinggal diam mengawal dukungan rakyat.

Partai peraih 11 kursi di DPRD Sulsel ini, tetap menginstruksikan  kepada seluruh kadernya untuk fokus mengawal dukungan E-KTP milik pasangan IYL-Cakka yang dalam waktu dekat akan menjalani verifikasi faktual di sejumlah kabupaten/kota.

Penegasan tersebut diungkapkan Ketua Bidang OKK DPD Demokrat Sulsel, Zulkarnain Paturuni, Jumat 8 Desember 2017. Menurutnya, tidak ada alasan partainya untuk tidak mendukung penuh IYL-Cakka. Apalagi keputusan Ketum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sangat jelas saat mengeluarkan rekomendasi.

“Kader yang dikerahkan serta diterjunkan ke daerah terlebih dulu akan dibekali pengetahuan terkait seperti apa teknis pengawalan verifikasi faktual,” terang Zul, sapaan akrab Zulkarnaen.

Selain itu, kader Demokrat akan ditempatkan di setiap KPU kabupaten/kota untuk mengawal proses tersebut. Sebab jangan sampai ada yang berusaha “membegal” dukungan rakyat dengan menghalalkan berbagai cara.

“Termasuk kader demokrat akan kita tempatkan di setiap KPU untuk mengawal proses verifikasi faktual. Ini kita lakukan sebagai antisipasi kalau ada yang mencoba mengganggu dukungan rakyat,” tegasnya.

Sekadar diketahui, KPU Sulsel memastikan segera menyerahkan berkas dukungan IYL Cakka ke KPU kabupaten/kota yang sudah melalui tahapan verifikasi administrasi selama beberapa hari di Hotel Grand Asia Makassar.

Sesuai hasil pleno KPU, IYL Cakka berhasil melalui tahapan paling krusial di jalur independen tersebut. Sehingga dengan demikian, pasangan yang dikenal komitmen ini sisa selangkah lagi akan resmi menjadi kontestan Pilgub Sulsel Juni 2018.

Penulis   : Jumardi Ramling
Editor     : Risal Saleem