oleh

Bulan Ini MPK Resmi Beroperasi, Akan Kelilingi Tanjung Selor

Bulan Ini MPK Resmi Beroperasi, Akan Kelilingi Tanjung Selor
MPK Berbasis Multi Media bantuan Badan Perpustakaan Nasional. (Dok-Humas Provinsi Kaltara)

BONEPOS.COM, TANJUNG SELOR – Badan Perpustakaan Nasional memberikan bantuan 1 unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) Berbasis Multi Media kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada tahun ini. MPK ini akan beroperasi di wilayah ibukota Kaltara, Tanjung Selor.

“Diharapkan keberadaan MPK ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat, utamanya generasi muda,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltara Hermawan.

BNNK BONE

Sebelum resmi dioperasikan, MPK itu sebelumnya telah diujicoba pengoperasiannya oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan mengunjungi sejumlah sekolah di wilayah Tanjung Selor.

“Untuk pengoperasiannya secara resmi, kami akan melapor terlebih dulu kepada Gubernur Kaltara (Dr H Irianto Lambrie). Rencananya, pada bulan ini MPK itu sudah dapat dioperasikan secara resmi,” jelas Hermawan.

Bantuan ini, sejatinya merupakan realisasi dari usulan bantuan MPK pada 2017 yang disampaikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltara kepada Badan Perpustakaan Nasional. Usulan itu, merupakan akumulasi dari setiap usulan yang disampaikan kabupaten/kota.

“Kami usulnya 7 unit, dengan rencana penempatan 5 unit untuk kabupaten dan kota, sementara 2 unit lagi untuk kepentingan Provinsi Kaltara,” ucap Hermawan.

Pun demikian, Hermawan mengaku mengapresiasi dan bersyukur atas respon positif yang diberikan Badan Perpustakaan Nasional terhadap usulan tersebut.

“Badan Perpustakaan Nasional hanya mengalokasikan 10 unit bantuan MPK untuk tahun ini. Alhamdulillah, Kaltara memperoleh 1 unit di antaranya,” ungkap Hermawan.

MPK yang rencananya akan beroperasi di pusat keramaian dan sekolah di wilayah Tanjung Selor tersebut, dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung pembelajaran. Seperti koleksi buku berikut kartu katalog dan daftar buku yang ada, sarana-prasarana pendukung multi media seperti 1 unit TV LED, proyektor, laptop juga Wi-Fi.

“Minimal ada 400 judul buku yang disediakan MPK,” tuntasnya.

Editor     : Jumardi Ramling

Komentar

News Feed