oleh

Transparansi, Biro Pembangunan Kaltara Kembangkan E-Pengendalian

BONEPOS.COM, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Biro Pembangunan Sekretariat Provinsi (Setprov) Kaltara mengembangkan sebuah aplikasi untuk mempermudah akses pengendalian dan pelaporan secara online.

“Dengan adanya aplikasi ini membuat kita mudah mempublikasikan salah satu peran pemerintah, sesuai dengan tiga fungsi yang ada di e-Government. Yakni, fungsi pembangunan, fungsi pemerintahan serta fungsi pelayanan publik,” kata Kepala Biro Pemerintahan Setprov Kaltara Risdianto kala membuka Sosialisasi Aplikasi e-Pengendalian dan Bimbingan Teknis Pelaporan di Ruang Pertemuan Lantai I Gedung Gadis Pemprov Kaltara, Selasa kemarin.

BNNK BONE

Harapannya, lewat aplikasi ini dapat terwujud sebuah transformasi pada lingkup pemerintahan di Kaltara guna mendekatkan pemerintah dengan masyarakat. Juga untuk menciptakan transparansi.
“Daerah lain sudah membangun peradaban IT (Information Technology) yang cepat. Sementara Kaltara, belum semuanya kita miliki,” jelas Risdianto.

Pemprov Kaltara sendiri telah memiliki sejumlah aplikasi berbasis dalam jaringan (Daring). Seperti, e-Planning, Simda, E-Simbaja, dan teranyar, e-Pengendalian atau e-Pelaporan.

“Tapi semua ini belum terintegrasi. Dari itu, kedepan, Biro Pembangunan telah berkomunikasi dengan pihak BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan) untuk membangun sistem yang terintegritasi sehingga nanti semua terpadu dan terintegritas,” urai Risdianto.

Teknisnya, sebut Risdianto, aplikasi e-Pengendalian ini memuat setiap laporan realisasi kegiatan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), baik fisik maupun non fisik. “Riil time, setiap laporan fisik maupun non fisik bisa langsung terlihat secara online melalui sistem. Dari itu, setiap kegiatan yang dikerjakan OPD harus dilaporkan secara elektronik,” ulas Risdianto.

Tiap OPD akan diberikan akses berupa user dan password untuk mengakses aplikasi e-Pengendalian. “Jika pada aplikasi sebelumnya hanya terlihat realisasinya saja, di aplikasi e-Pengendalian ini tidak hanya realisasinya yang akan terlihat, tersedia menu untuk tiap OPD mengunggah permasalahan, tindaklanjut serta foto-foto dokumentasi,” ungkapnya.

Aplikasi ini mempunyai super admin yang dikelola oleh Biro Pembangunan. Di aplikasi ini juga terdapat level akses eksklusif. Dimana, pada level ini akan terlihat ringkasan grafik maupun tabel beserta foto realisasi kegiatan yang ada pada tiap OPD.

“Akses eksklusif ini akan diberikan kepada gubernur sehingga gubernur dapat memantau seluruh progres kegiatan realisasi di Pemprov Kaltara,” bebernya.

Apliaksi e-Pengendalian sendiri sudah dapat diakses melalui alamat http://www.e-controlling.kaltaraprov.go.id. Kedepan Biro Pembangunan akan coba menambahkan fitur front end untuk tampilan depan aplikasi tersebut, agar seluruh masyarakat Kaltara bisa ikut memantau seluruh informasi kegiatan yang dilakukan oleh Pemprov Kaltara. (*)

Komentar

News Feed