oleh

Pelabuhan Pesawan dan Tengkayu I Digenjot Realiasinya

BONEPOS.COM, TANJUNG SELOR – Selain sektor perhubungan udara, jalur transportasi laut dan sungai juga menjadi perhatian bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara). Apalagi secara geografis, jalur transportasi di Kaltara didominasi melalui laut dan sungai. Jumat 20 April 2018.

Selain untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat, pembangunan dan revitalisasi pelabuhan, serta pembenahan jalur transportasi sungai dan laut juga untuk mempelancar keluar masuknya barang.

BNNK BONE

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie mengungkapkan, ada beberapa pelabuhan yang akan dibangun oleh Pemprov Kaltara. Di antaranya, Pelabuhan Pesawan sebagai pengganti Pelabuhan Kayan I, Tanjung Selor. Lalu, Pelabuhan Bunyu di Kabupaten Bulungan, Pelabuhan Tengkayu I Tarakan, dan Pelabuhan Sungai Ular di Kabupaten Nunukan.

“Rencana pembangunan Pelabuhan Pesawan, sebelumnya telah mendapatkan dukungan dari Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara)-Rini Sumarno. Selain itu, rencana ini juga sudah memiliki dokumen Studi Kelayakan, DED (Detail Engineering Design) dan tahun ini akan dilakukan pembebasan lahan,” kata Irianto.

Untuk pembangunan Pelabuhan Pesawan, Pemprov Kaltara mengestimasikan anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 238 miliar. Itu sudah meliputi kegiatan pekerjaan persiapan dan pematangan lahan sekitar Rp 18,1 miliar, pekerjaan sisi perairan Rp 97,3 miliar, pekerjaan sisi darat Rp 60,8 miliar, pekerjaan infrastruktur dan utilitas Rp 40,2 miliar, serta pajak.

Komentar

News Feed