oleh

Ikhlas Bantu Orang Gila, Polisi Ini Dapat Penghargaan dari Kapolda Sulsel

Ikhlas Bantu Orang Gila, Polisi Ini Dapat Penghargaan dari Kapolda Sulsel
Bripka Sahabuddin saat menerima penghargaan dari Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono. (BONEPOS/IST).


BONEPOS.COM, MAKASSAR
– Kisah sukses, Bripka Sahabuddin, seorang anggota Polisi yang mampu mengamankan dan membantu untuk mengurusi pengobatan seorang warga penderita gangguan jiwa yang sempat membuat resah warga, di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan mendapat apresiasi.

Anggota Polisi yang bertugas sebagai Kanit Binmas Polsek Tanete Riaja, Polres Barru, Sulawesi Selatan itu mendapat penghargaan dari Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono.

BNNK BONE

Penghargaan terhadap Sahabuddin, diserahkan langsung oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono, dan disaksikan oleh seluruh pejabat dan personil lingkup Polda Sulsel, dalam upacara sederhana yang berlangsung di lapangan apel Mapolda Sulsel, Senin 16 Oktober 2017.

Atas penghargaan tersebut, pria yang berumur 41 tahun tersebut dinyatakan berhak untuk mengikuti pendidikan Perwira Polri SIP.

“Kerja yang ikhlas saja, pasti akan berhasil. Saya ingatkan juga anggota, kerja yang fokus dan sungguh-sungguh, tidak usah berpikir pekerjaan lain. Ini pekerjaan mulia, mudah-mudahan apa yang dilakukan bripka Sahabuddin ini jadi inspirasi bagi polisi lain,”ungkap Kapolda dalam sambutanya.

Terpisah, Kapolres Barru AKBP Burhaman saat ditemui usai pelaksanaan upacara, mengaku sangat bangga dengan kinerja anggotanya. Dia berharap apa yang diperbuat oleh Sahabuddin bisa menjadi contoh bagi anggotanya yang lain.

Sementara itu, Sahabuddin menuturkan, bahwa penghargaan yang diberikan oleh Kapolda Sulsel ini akan menjadi motivasi tersendiri bagi dirinya untuk lebih bersemangat bekerja dalam membantu warga masyarakat.

“Senang sekali mendapat penghargaan ini, tapi ini, akan membuat saya semakin berbuat yang terbaik untuk masyarakat, bukan saja mengurus orabg gila, tapi kegiatan positif lainnya, saya juga berharap apa yang saya lakukan ini dapat juga dilaksananakan Bhabinkamtibmas lain,” ungkap Kanit Binmas Polsek Tanete Riaja ini.

Diceritakan Sahabuddin, bahwa saat itu, dirinya mampu mengamankan Ambo, seorang warga Barru yang menderita gangguan jiwa. Sehari-harinya, Ambo kerap menebar ancaman terhadap warga, lantaran mengamuk sambil membawa parang dan tombak.

“Sejumlah kepala dusun berbondong-bondong antre melapor dan minta tolong ke Saya untuk menangkapi warga yang mengidap gangguan jiwa itu. Dan saat itu hati saya terketuk untuk mengamankan orang gila tersebut,” ujarnya.

Alhasil, lanjut Dia, Ambo berhasil diamankan dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Jiwa untuk diberikan pengobatan. Saat ini, kata Dia, kondisi kejiwaan yang bersangkutan sudah berangsur-angsur membaik.

“Rata-rata orang-orang itu alami gangguan kejiwaan karena tekanan ekonomi juga karena kasus dalam keluarganya. Mereka itu manusia yang tetap butuh pertolongan orang sekitarnya dan masih bisa sembuh,” ungkapnya.

Penulis   : Iwan Taruna
Editor     : Rizal Saleem

Komentar

News Feed