oleh

Tradisi Perayaan 1 Muharram 1440 H di Berbagai Daerah

BONEPOS.COM – Tahun Baru Islam 1440 Hijriah jatuh pada hari ini, Selasa, 11 September 2018. Peringatan 1 Muharram ini dirayakan umat Islam dengan kebudayaan dan festival yang beragam di Indonesia. Berikut Bonepos rangkum beberapa kota yang melakukan tradisi unik dalam perayaan Tahun Baru Islam :

Cirebon, Jawa Barat

BNNK BONE

Masyarakat Kota Cirebon dan Indramayu, Jawa Barat, menggelar pawai obor untuk menyambut tahun baru Islam 1440 H dengan mengelilingi kota.

“Kurang lebih ada 1.000 orang peserta yang mengikuti pawai obor menyambut tahun baru Islam,” kata Ketua pelaksana pawai taaruf 1 Muharram Ponpes Jagasatru Kota Cirebon, Abdul Hamid Yahya di Cirebon, Senin (10/9/2018), seperti dikutip dari Antara.

Pawai obor ini bertujuan untuk menyerukan Ukhuwah Islamiyah kepada seluruh warga Cirebon terutama umat muslim untuk menyambung kembali persaudaraan. Kegiatan pawai juga diiringi dengan pembacaan doa akhir dan awal tahun. Dan selama pawai juga para peserta membacakan doa awal tahun sepanjang jalan.

Kemeriahan tahun baru Islam juga tidak hanya di Cirebon, warga Kabupaten Indramayu pun menggelar pawai obor mengelilingi daerah itu seraya mengumandangkan takbir.

Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menggelar Banjarmasin Nite Carnival untuk menyambut tahun baru Islam 1440 Hijriah dengan menampilkan pawai obor, mobil hias Islami, pawai Asmaul Husna, kelompok drum band dan kelompok berpakaian khas timur tengah.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina yang ikut carnaval berkeliling jalan kota mengendarai mobil antik menyatakan takjub dengan kemeriahan gelar Banjarmasin Nite Carnival tersebut.

“Banjarmasin yang penduduknya mayoritas Islam patut untuk menggelar kemeriahan menyambut tahun baru Hijriah ini,” ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

Komentar

News Feed