BONEPOS.COM, JAKARTA – Menanggapi pernyataan pemerintah adanya pertambahan jumlah petani sebanyak 8 juta orang, maka Anggota DPR RI Komisi IV, Andi Akmal Pasluddin (AAP), meminta negara bertindak cepat untuk memberi regulasi dan kemudahan bagi pelaku usaha tani baru.

Tujuannya, agar tetap betah dan bertahan meski pandemi nantinya akan berakhir.

“Saat ini kan sudah ada lembaga yang memberikan gambaran sebagai masukan pada pemerintah akan adanya proporsi pengangguran berusia muda di Indonesia yang sangat tinggi, bahkan tertinggi di Asia Tenggara. Angka 20 persen pengangguran muda relatif tinggi dibanding negara Asia Tenggara lain yang belum menyentuh angka 15 persen. Untuk itu, ini kesempatan pemerintah memberi alternatif jalan keluar pada calon petani muda yang nantinya menjadi profesional di bidang pertanian,” papar Akmal.

Politikus PKS ini mengatakan, sejak adanya pandemi lebih setahun lalu memang telah mengguncang negara-negara dunia termasuk Indonesia. Khusus guncangan kepada Indonesia sangat telak karena memang pondasi ekonomi negara ini rapuh hingga pertumbuhan jatuh ke titik minus.

Kondisi Alam Indonesia sangat mumpuni untuk menampung SDM calon profesi pertanian sebanyak apapun. Bentangan alam dan tanah garapan baik di bidang Kelautan, perikanan, tambak dan garam, maupun bidang pertanian peternakan kehutanan yang akan cocok dengan kondisi negara ini. SDM kita yang sangat banyak ini mestinya dapat tertampung di bidang pertanian pangan termasuk perikanan kelautan karena ruang garapan masih banyak.

Namun AAP mengatakan, keahlian, minat, dan harapan di bidang pangan ini meragukan bagi sebagian masyarakat Indonesia sehingga mereka akibat pandemi ini beralih profesi ke petani baru seolah akibat keterpaksaan.

Padahal bila pemerintah mau membantu dan mengarahkan termasuk memberikan bimbingan, akan ada harapan besar yang dapat dicapai baik persoalan ekonomi maupun kebutuhan pangan.

Bahkan bila ini terkoordinir, kata AAP, secara baik secara luas satu negara Indonesia, maka akan sangat mungkin memberi kontribusi kenaikan cadangan pangan nasional.

“Saya minta kepada pemerintah, agar jangan ragu menseriusi bidang pertanian pangan ini. Bukti untuk tidak ragu adalah, menaikkan porsi APBN di Komisi IV, bidang pertanian, pangan, perikanan kelautan, dan kehutanan sehingga SDM negara kita menjadi penduduk aktif keluar dari angka pengangguran,” kunci AAP.