BONEPOS.COM – Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla, berpartisipasi sebagai pembicara dalam acara The Fifth EU Community of Practice on Peace Mediation di Brussels, Belgia, Rabu-Kamis, 18-19 Oktober 2023.

Dalam siaran pers yang diterima Bonepos.com, Kamis (19/10/2023), pada kesempatan tersebut, Jusuf Kalla diminta untuk menjelaskan prinsip-prinsip Islam yang berkaitan dengan upaya menciptakan perdamaian.

Prestasi Jusuf Kalla dalam memediasi konflik di Indonesia juga diakui, termasuk peran signifikan dalam menangani konflik di Poso dan Ambon dua puluh tahun yang lalu yang mengakibatkan banyak korban jiwa.

Selain itu, Kalla juga dihargai atas kontribusinya dalam mencapai perdamaian antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Pemerintah RI setelah konflik berlangsung selama lebih dari 30 tahun.

Selain itu, Jusuf Kalla juga dinilai memiliki peranan besar dalam upaya perdamaian antara Afghanistan dan kelompok Taliban serta memiliki kontak dengan pihak Palestina dan Israel yang kini masih terlibat konflik.

Kehadiran Jusuf Kalla adalah atas undangan Folke Bernadotte Academy atau lembaga yang bergerak di bidang perdamaian yang berkedudukan di Swedia.

Kegiatan ini digelar oleh The European External Action Service-Peace, Partnerships and Crisis Management Directorate (PCM) Brussels Belgia. Salah satu organisasi yang bernaung di bawah Uni Europa.

Para juru damai, termasuk Jusuf Kalla, akan berbagi pengalaman yang dijadwalkan berlangsung pada 18-19 Oktober 2023 di Brussels.

Jusuf Kalla diagendakan menjadi panelis pembuka berbicara pada sesi pertama hari pembukaan pada Rabu (18/10/2023) sore waktu Indonesia.

Pembicara lainnya antara lain Duta Besar Sergio Jaramillo Caro; Penasihat Senior Institut Perdamaian Eropa Agau Bul Deng, berbasis di Afrika Selatan; Benedikta von Seherr-Thoss, Direktur Pelaksana Perdamaian, Keamanan dan Pertahanan, di Layanan Aksi Eksternal Eropa; dan Dr Peter Wagner, Kepala Layanan Instrumen Kebijakan Luar Negeri Komisi Eropa.

Pemenang Hadiah Nobel bidang perdamaian, Martti Ahtisaari dari Criris Management Initiative Finlandia, awalnya diundang sebagai pembicara. Namun, Martti dikabarkan meninggal pada Minggu (15/10/2023) atau tiga hari sebelum acara digelar.(rls)