Gowes Kamtibmas Protokol Kesehatan ala Danyon Pelopor, Begini Konsepnya

BONEPOS.COM, BONE - Menyambut masa new normal, ada banyak cara dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh, salah satunya melalui gowes.

Sabtu (11/06/2020), personel Batalyon C Pelopor yang tergabung dalam klub sepeda Tenribetta Cycling Club (TCC) helat Gowes menyusuri jalan protokol dan daerah perkampungan di wilayah Kabupaten Bone.

Kegiatan yang diinisiasi Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, ini merupakan inovasi yang menggabungkan antara mengisi waktu liburan bersama anggota dengan keakraban, agar tetap sehat dan bugar, serta memperhatikan protokol kesehatan.

"Hari ini kita laksanakan Gowes kamtibmas dimana selain menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit atau virus sekaligus melaksanakan patroli bersepeda demi terciptanya kamtibmas yang kondusif," ujar Ichsan.

Dalam pelaksanaannya, personel Batalyon C Pelopor menyambangi warga yang ditemui di sepanjang jalan sambil menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan imbauan tentang pentingnya disiplin dalam mempedomani protokol kesehatan sekaligus melakukan patroli-patroli hingga wilayah terpencil yang sulit dijangkau menggunakan kendaraan bermotor.

Di dalam perjalanan pun rombongan Gowes disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah berupa hamparan sawah dan lainnya serta keramahan warga yang dilewati sehingga dapat menghilangkan rasa jenuh, stres dan penat akibat aktivitas sehari-hari.

Danyon C melanjutkan, kegiatan Gowes ini merupakan agenda rutin personel Batalyon C Pelopor setiap akhir pekan yang dalam pelaksanaannya tetap mempedomani protokol kesehatan seperti pakai masker serta personel yang dilibatkan juga dibatasi untuk menghindari berkumpulnya banyak orang.

"Melalui kegiatan Gowes ini kami harapkan memberi dampak positif di masyarakat untuk ikut berolahraga sehingga kesehatan tetap terjaga khususnya di masa transisi menuju tatanan kehidupan baru ini," ujar Ichsan

Di tempat terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis bilang, dalam melakukan pembinaan terhadap personel, dia telah menyampaikan kepada para Komandan Batalyon dan Detasemen untuk membuat sebuah inovasi.

"Tujuannya agar fisik dan mental personel tetap terjaga serta dapat menghilangkan kejenuhan setelah bertugas, sehingga dapat terwujud Bhakti Brimob Untuk Masyarakat, Satbrimob Polda Sulsel selalu sukses dalam pelaksanakannya," kunci Kombes Pol. Muhammad Anis. (ril)