Makna Gelaran Pesta Adat Mappogau Hanua di Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Masyarakat Bongkong, Kelurahan Samaenre, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai helat Pesta Adat Mappogau Hanua, Senin (4/11/2019).

Pesta adat yang merupakan ungkapan rasa syukur penduduk setempat setelah melaksanakan pesta panen sudah menjadi tradisi adat kampung Bongkong secara turun-temurun dan digelar setiap tahunnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan kebudayaan, Andi Mandasini berujar, kegiatan ini dilaksanakan di tiga tempat berbeda di Kecamatan Sinjai Tengah secara bergantian masing-masing Bongkong, Bola Saohiring, dan Caile di Desa Kanrung.

Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong bilang, kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian masyarakat terhadap upaya pelestarian kebudayan dan kearifan lokal.

Pesta Adat Mappogau Hanua ini merupakan even budaya yang terselenggara tiap tahunnya dan dilaksanakan secara bergiliran dan sebagai rasa syukur masyarakat terhadap hasil pertanian dan perkebunan.

"Alhamdulillah event ini merupakan salah satu dari tiga event nasional di Kabupaten Sinjai dan sudah diakui oleh pemerintah pusat yakni, pesta adat Marrimpa Salo, Mappogau Sihanua dan Mappogau Hanua. Event ini melambangkan bahwa Kabupaten Sinjai merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki keragaman budaya yang khas," paparnya. (ril)