BONEPOS.COM, BANTAENG – Ratusan bibit vanili dibagikan kepada sejumlah kelompok tani di Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng, Senin, 2 Agustus 2021. Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin berharap bibit vanili ini bisa jadi permulaan untuk mengembalikan kejayaan vanili di kecamatan ini.

Bantuan bibit itu berasal dari seorang pengusaha bernama Hengky Kurniawan. Dia adalah salah satu pengumpul Vanili di kawasan Selatan Sulsel. Dia berharap, bantuan ini dapat dipergunakan dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

“Daerah ini punya potensi untuk tanaman Vanili. Kita berharap, bibit ini bisa berkembang dan memberikan kesejahteraan untuk petani kita,” jelas Hengky Kurniawan.

Dia menyebut, bantuan ini diberikan agar petani bisa beraktivitas secara produktif. Terkait dengan pemasarannya, dia siap menampung produksi vanili dari kecamatan ini.

“Tetapi kami tidak memaksa. Bantuan ini diberikan bukan untuk ikatan apa-apa. Kalau petani mendapat pasar yang lebih baik dari kita, silahkan saja. Kami juga siap membeli produksi petani dari daerah ini,” jelasnya.